Olimpiade Saints SMA Al Kautsar Perebutkan Piala Gubernur

SMA Al Kautsar menggelar Olimpiade Saints dan LCT MIPA selama dua hari, Selasa—Rabu (17—18/1), di sekolah setempat. Kegiatan yang diikuti oleh 211 peserta ini memperebutkan piala bergilir Gubernur Lampung. Ketua Pelaksana Olimpiade Sains SMA Al Kautsar, Supardi mengatakan ratusan peserta tersebut berasal dari SMP dan MTs dari kabupaten/kota diantaranya SMP GMP dan SMP Abadi Perkasa dari Lampung Tengah, lalu SMP Yapindo dan MTsN 1 Tanggamus, sebagian besar dari SMP dan MTs Bandar Lampung. “Ini masih merupakan rangkaian kegiatan Milad ke-25 Perguruan Al Kautsar. Selain itu even rutin ini juga untuk menjaring bibit unggul yang akan diundang secara khusus untuk masuk SMA Al Kautsar,” ujar Supardi, Rabu (18/1), di sekolah.

Dia menjelaskan, untuk Olimpiade Sainst ada enam bidang yang dilombakan yaitu matematika, fisika, biologi, kimia, kebumian, dan astronomi, sedangkan LCT terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan MIPA. “Nanti para juara I untuk masing-masing cabang akan kami undang secara khusus masuk SMA Al Kautsar tanpa tes,” katanya.
Supardi memaparkan, pada tahap seleksi awal, para peserta mengerjakan 50  soal pilihan ganda, sedangkan pada tahap final kemarin siswa mengerjakan lima soal essay dengan satu soal merupakan praktek. “Setiap peserta diberi waktu menyelesaikan lima soal tersebut selama dua jam,” tuturnya. Di ajang ini, lanjutnya,  para peserta Olimpiade dan LCT yang meraih juara umum akan mendapatkan piala bergilir Gubernur Lampung. Menurutnya, ini tahun kedua perebutan piala bergilir gubernur.  “Kalau nanti tiga tahun berturut-turut sekolah yang sama berhasil mempertahankan juara umum, maka akan menjadi piala tetap untuk sekolah tersebut,” kata Supardi.
Sementara itu, Ketua Panitia Milad, Mariana mengatakan dalam merayakan hari lahir perguruan Al Kautsar digelar berbagai kegiatan diawali dengan Tabliq Akbar dengan mengundang penceramah K.H. Tengku Zulkarnaen (Wakil Sekjen MUI Pusat), lalu Amuse VII yang digelar unit SMA, dilanjutkan seminar pendidikan bagi guru-guru Al Kautsar mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA, serta  jalan sehat yang diikuti sekitar 6.000 siswa dan wali murid, pengurus yayasan, guru, karyawan beserta keluarga. Empat hari lalu juga baru dilakukan resepsi Milad bersamaan dengan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Kampus Al Kautsar yang mampu menampung lebih dari 1.500 jamaah.
“Olimpiade Saints ini termasuk dalam rangkaian Milad, setelah ini juga ada kegiatan bakti sosial pada 21 Januari, dilanjutkan dengan AKA Event oleh unit SMP pada 24—25 Januari, serta pada 28 Januari akan digelar Family Gathering ke Pulau Pahawang,” kata Mariana.

FOTO: Para peserta Olimpiade Saints bidang Fisika yang masuk tahap final, Rabu (18/1), tengah bersiap menunggu soal dibagikan oleh panitia.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *