Empat Minggu Menggali Ilmu dan Pengalaman di Amerika

Siswa SMA Al Kautsar, Fathiya terpilih sebagai salah satu pelajar asal Lampung untuk mengikuti Program IYLP (Indonesia Youth Leadership Program) di Amerika Serikat, 7 Agustus—2 September. Fathiya yang baru saja pulang dari Amerika Serikat mengatakan, selama empat minggu di Amerika, dia bersama 18 peserta IYLP lainnya menggali ilmu dan pengetahuan tentang proyek-proyek sosial kemasyarakatan, seni budaya, dan lingkungan yang ada disana.

“Kami belajar di Indiana University, juga mengunjungi komunitas, organisasi non profit, dan pemerintah kota seperti di Bloomington, Indianapolis, dan Washington DC,” ujar Fathiya, kemarin (11/9). Fathiya menjelaskan, pada program IYLP ini, para pelajar Indonesia mengikuti berbagai macam workshop dan training seperti leadership skill, civic engagement, volunteer, peran kaum muda di politik, serta perubahan lingkungan sekitar.
Menurutnya, di Bloomington, para pelajar Indonesia bertemu dengan komunitas-komunitas yang memiliki project besar secara sukarela membuat perubahan lebih baik untuk masyarakat dan lingkungan. “Bahkan, ada yang project nya sudah mendunia. Disini kami diberi training bagaimana cara melakukan observasi data dan cara membuat proposal,” ujar Fathiya.
Dia memaparkan, program IYLP tidak berhenti begitu saja setelah pertukarang pelajar selama empat minggu di Amerika. Sembilan belas pelajar Indonesia yang mengikuti program tersebut ditugaskan untuk membuat project yang berhubungan dengan komunitas atau pun daerah asal mereka masing-masing. “Saya bergabung dengan lima teman dari Lampung untuk memnbuat proyek English Learning namanya English For Everyone (E4E). Mohon doanya semoga project kami lancar dan sesegera mungkin kami realisasikan. Volunteer project ini kami khususkan untuk meningkatkan bahasa Inggris bagi siswa siswi di Lampung,” ujarnya.
Menurut Fathiya, Amerika, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan mendapat orangtua asuh yang menampung mereka untuk tinggal selama pertukaran pelajar berlangsung. Fathiya bersama salah satu peserta asal Lampung lainnya, Adel tinggal di rumah Nicholas dan lindsey Howell. “Keluarga ini punya dua anak perempuan yang masih kecil namanya Addison dan Kaley. Mereka sangat sayang dengan kami sehingga saat kepulangan kami, mereka nangis gak mau kami pergi,” ujar Fathiya mengisahkan pengalaman berkesan selama di Amerika.
Keluarga Howell tersebut mengenalkan banyak tempat wisata di Indianapolis, seperti  Hiking di Nature Park Center, Indianapolis Zoo, serta diajak menonton pertandingan baseball di Victory Field dan makan masakan Amerika.          
FOTO : 
1. Siswa SMA Al Kautsar, Fathiya berfoto dengan bacgroud bendera Amerika Serikat di Gedung Pemerintahan Amerika Serikat.
2. Fathiya berfoto bersama orang tua asuh yang menampung nya selama mengikuti program perukaran pelajar di Indiana University, Indianapolis, Amerika Serikat.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *