Sebanyak 286 siswa baru SMP Al Kautsar diwajibkan mengikuti dua kegiatan ekstrakurikuler, yaitu ekstrakurikuler wajib pramuka serta satu ekstrakurikuler pilihan.

Wakil Bidang Kesiswaan SMP Al Kautsar, Arismun menjelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tersebut tidak hanya berfungsi menggali potensi, bakat dan minat para siswa, tapi juga sebagai wadah membina prestasi.

“Di SMP Al Kautsar ada 9 ekstrakurikuler untuk mewadahi minat siswa, juga untuk membina prestasi untuk mengikuti berbagai  even tingkat kota, provinsi dan nasional,” kata Arismun ditemui di ruang kerjanya, Rabu (05/08/2018).

Dia memaparkan, beberapa kegiatan ekstrakurikuler di SMP Al Kautsar adalah Rohani Islam, Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka, Olahraga (wushu, karate, silat bola kaki, dan badminton), Karya Ilmiah Remaja (KIR), drumband, serta Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

“Untuk PKS ini termasuk baru di sekolah kita, sekitar dua tahun ini.Program PKS ini bekerjasama dengan Polresta Bandar Lampung dan Dinas Pendidikan melatih siswa kedisiplinan berlalu lintas,” ujarnya.

Dia memaparkan, ekskul di SMP Al Kautsar sudah sering meraih prestasi di ajang minat dan bakat, diantaranya robotik, roket air, LCT Pendidikan Agama Islam (PAI), pramuka, tahfiz quran, paduan suara, serta lainnya.

“Roket air pernah ke nasional,  pramuka sudah sering juga mengikuti lomba kepanduan tingkat provinsi. Ekskul Rohis kami juga pernah mewakili Lampung di LCT PAI tingkat nasional, begitu juga dengan tahfiz quran. Inilah beberapa perestasi hasil binaan dari ekskul,” tuturnya.

Arismun menjelaskan, proses perekrutan anggota ekstrakurikuler diawali dari kelas 7. Pada Kamis dan Jumat pekan lalu telah dilaksanakan ajang demo ekskul menampilkan beberapa kegiatan ekskul kepada para siswa baru. “Dua hari kemarin sudah dilaksanakan demo ekskul, ada peragaan roket ari, penampilan tari modern dan tradisional, vokal grup, silat, karate, drama dari PMR, serta penampilan senam pramuka dan survival,” katanya.

Usai demo ekskul tersebut, para siswa diberi formulir untuk mengisi pilihan ekstrakurikuler yang diminanati dan pada Jumat-Sabtu (7-8/08/2018) nanti akan dilaksanakan oridentasi gabungan sekaligus pengukuran pengurus dan anggota ekskul di Wira Garden, Bandar Lampung.

“Pada kegiatan orientasi gabungan nanti akand dilaksanakan outbond, games, orientasi di ekskul masing-masing, dan penutupan malamnya dilaksanakan api unggun,” katanya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *