Alkausar Mulai Buka Pendaftaran Murid Baru

PERGURUAN Alkautsar mulai dari unit Kober/TK, SD, SMP dan SMA mulai membuka pendaftaran penerimaan murid baru (PMB) 2016—2017. Pendaftaran untuk jalur kelas unggul mulai dibuka sejak 18 Januari lalu di unit masing-masing.
“Sebenarnya pendaftaran di sekretariat PMB untuk kelas unggul ini mulai 10—18 Maret. Namun, ternyata pada kegiatan-kegiatan unit seperti AMUSE VI SMA, open house TK dan Gebyar Kreastivitas Siswa di unit SD banyak warga yang datang dari daerah-daerah. Kasihan kalau mereka harus bolak-balik lagi nanti untuk mendaftar. Akhirnya secara teknis, panitia di tingkat unit sudah mulai menerima pendaftaran dan wawancara dengan orangtua,” kata Kabid Pendidikan Yayasan Alkautsar Mariana ditemui di ruang kerjanya, Selasa (2/2).

Dia menjelaskan, kuota siswa baru sama dengan tahun lalu, yaitu Kober 1 kelas, TK A sebanyak 2 kelas, dan TK B 4 kelas. Selanjutnya, SD memiliki kuota 8 kelas atau rombonga belajar (rombel), SMP 8 rombel, dan SMA 10 rombel. “Secara umum semua kuota di setiap unit sama, kecuali SMA yang bertambah satu rombel,” kata Mariana.
Mariana mengatakan ada empat jalur PMB Alkautsar yaitu jalur unggul, plus, regular dan undangan. Untuk kelas unggul sudah mulai dibuka pada 18 Januari lalu hingga 18 Maret mendatang. Setelah itu, dibuka penerimaan untuk Kelas Plus pada 5—15 April.
“Jalur unggul dan plus ini memang sengaja didekatkan karena persyaratannya hampir sama, yaitu jalur unggul memiliki nilai IPA, IPS, matematika, bahasa Indonesia dan pendidikan agama Islam minimal 80, maka di kelas plus minimal 77,50,” ujarnya.
Selanjutnya, sebelum penerimaan jalur reguler pada 23 April—19 Mei, panitia PMB melakukan perekrutan jalur undangan terlebih dahulu, yaitu dengan mengirimkan undangan kepada para lulusan di unit-unit Alkautsar yang mendapat ranking 1—15. “Jadi, kami mengundang siswa SD yang mau masuk ke SMP, SMP ke SMA, ini mirip SNMPTN, jalur undangan, tanpa tes,” kata Mariana.
Bertabur Beasiswa
Seleksi kelas unggul Alkautsar memang ketat dengan beberapa syarat yaitu nilai rata-rata IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama Islam minimal 80. Selain itu juga dilakukan tes tertulis untuk kelima mata pelajaran tersebut, serta tes wawancara siswa.
Namun, jalur unggul ini juga bertabur beasiswa. Menurut Mariana, bagi siswa yang mendapat nilai tinggi dari rata-rata rapor, tes dan wawancara akan mendapat keringanan uang pangkal dan SPP selama 6 bulan. Beasiswa ini bervariasi, misalnya untuk jenjang SMA peringkat 1—5 bebas SPP 100%, peringkat 6—15 bebas SPP 50%, peringkat 16—25 bebas SPP 20%. Selain itu juga ada keringanan uang pangkal yaitu bagi peringkat 1—3 bebas uang pangkal 50%, peringkat 4—6 bebas uang pangkal 25%, dan peringkat 7—10 bebas uang pangkal 20%.
“Jalur unggul SMP juga bertabur beasiswa, tapi hanya untuk peringkat 1-15. Beasiswa di jenjang SMA langsung diberikan di semester pertama, sedangkan beasiswa untuk SMP diberikan pada semester kedua,” tutur Mariana.
Print Friendly, PDF & Email

2 thoughts on “Alkausar Mulai Buka Pendaftaran Murid Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *