Mulai tahun ajaran baru 2017/2018, Perguruan Al Kautsar memilih menerapkan full day school atau lima hari sekolah. Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso mengatakan ini sesuai dengan Permendikbud yang telah dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
“Kemarin sempat dengar katanya sekolah lima hari ini tidak disetujui presiden, tapi belum ada Perpresnya. Jadi kami sepakat untuk tetap menerapkan lima hari sekolah dengan berdasarkan Permendikbud,” ujar Wagiso, Sabtu (22/7) saat kegiatan halal bil halal keluarga besar Al Kautsar.

Mengawali pembelajaran lima hari sekolah pada tahun ajaran baru 2017/2018 tersebut, semua unit mulai TK, SD, SMP, dan SMA Al Kautsar telah melakukan upacara bendera pada Jumat (21/7).
Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair mengatakan, dengan penerapan sekolah lima hari, maka jam pembelajaran intensif dipadatkan pada Senin—Jumat. Siswa masuk pagi dan pulang sore. “Kami berharap dengan sekolah lima hari ini nanti, para siswa bisa lebih banyak menggunakan waktunya bersama keluarga di rumah,” kata Eko.
Sementara itu, SMP Al Kautsar menyelenggarakan Parent’s Gathering of SMP Al Kautsar bertema Pendidikan Anak dengan mengundang Ustaz Hafi Suyanto, LC. Kepala SMP Al Kautsar Sri Purwaningsih mengatakan kegiatan ini bertujuan menyinergikan pendidikan di sekolah dengan di rumah. “Jika pendidikan di rumah dan sekolah saling sinergis, maka tujuan pendidikan yang diinginkan yaitu menciptakan generasi unggul, islami dan global dapat tercapai secara maksimal,” ujar Sri Purwaningsih.
Apalagi dengan penerapan lima hari sekolah, siswa memiliki waktu lebih banyak di rumah bersama kedua orangtuanya dan keluarga. Untuk itu, para orang tua penting mengetahui pola pengasuhan dan pendidikan yang tepat bagi anak.
Ustaz Hafi Suyanto memaparkan bahwa mendidik anak tidak cukup dengan memberikan materi pelajaran atau nilai-nilai Islam, tapi anak juga membutuhkan keteladan baik dari orangtua maupun dari guru di sekolah. Dan, salah satu senjata ampuh agar hati dan pikiran anak diterangkan dalam menerima pelajaran adalah melalui doa.
Dalam sistem sekolah tentunya sudah ada visi, misi, dan tujuan pendidikan di sekolah tersebut yang nantinya akan berpengaruh terhadap kurikulum dan materi pendidikan.
Sebelum memulai pembelajaran efektif, siswa baru baik di jenjang SD, SMP, dan SMA Al Kautsar sudah mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) selama tiga hari, 17—19 Juli 2017. Kegiatan ini mengenalkan siswa dengan lingkungan dan tata tertib di Perguruan Al Kautsar, selain itu juga melatih kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah.
FOTO : SMP Al Kautsar menggelar Parent’s Gathering of SMP Al Kautsar bertema Pendidikan Anak dengan mengundang Ustaz Hafi Suyanto, LC.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *