Al Kautsar Latih Siswa Berbagi Lewat Kurban

YAYASAN Al Kautsar memotong 4 sapi dan 6 kambing kurban pada Senin (4/9), di lapangan Perguruan Al Kautsar. Kegiatan pemotongan hewan kurban ini melibatkan sekitar 90 panitia yang terdiri dari 30 pengurus OSIS, pewakilan guru dari semua unit  (SD,SMP, dan SMA) serta pengurus yayasan Al Kautsar.
Kegiatan kurban dibuka oleh Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso disaksikan oleh pengawas yayasan dan panitia kurban. Wagiso mengatakan program berkurban ini merupakan kegiatan rutin tahuan di Al Kautsar setiap Hari Raya Idul Adha. “Yang berkurban tidak hanya guru, karyawan atau orang tua, tapi kami juga melatih siswa untuk belajar berkurban dan berbagi dengan sesama,” ujar Wagiso. Melalui pembelajaran berkurban ini, para siswa mengetahui sejarah dan syiar kurban dengan meneladani kisah Nabi Ibrahim yang menaati perintah Allah untuk mengurbankan anaknya, Nabi Ismail.

Ketua Panitia Kurban M Sidik Purnomo memaparkan empat sapi kurban tersebut, tiga diantaranya dari sumbangan siswa-siswa Al Kautsar, dan satu sapi dari Gubernur Lampung Ridho Ficardo yang juga alumni SMA Al Kautsar. Sedangkan,  enam kambing ada yang dari guru, karyawan serta orang tua siswa.
Menurutnya, berkurban bagi siswa merupakan latihan untuk berbagi dengan sesama melalui kurban. Sistem pembelian hewan kurbannya dengan sumbangan Rp25 ribu setiap siswa mulai dari SD hingga SMA sehingga terkumpullan dana yang cukup untuk membeli 3 ekor sapi. “Koordinasinya berbeda-beda, SD mengirimkan 1 sapi, SMP 1 sapi, dan SMA 1 sapi, ini sebagai ajang latihan bagi siswa, belajar berkurban dan peduli dengan sesama,” tuturnya. Pengumpulan sumbangan dari siswa ini dilakukan 15 hari menjelang lebaran Idul Adha.
M Sidik mengatakan, sehari sebelumnya, pihak panitia sudah membagikan sekitar 700 kupon kurban yang disebarkan kepada warga di sekitar lingkungan sekolah,  honorer Al Kautsar, serta petugas Al Kautsar yang kurang mampu seperti tukang sapu, cleaning servis, tukang cuci, satpam, dan lainnya.
Dia mengakui, jumlah hewan kurban yang dipotong melalui Al Kautsar pada tahun ini tidak banyak sehingga panitia tidak melakukan penyaluran ke masjid-masjid atau panti asuhan. Empat sapi dan enam kambing tersebut di potong di Al Kautsar. “Kami berharap, tahun depan lebih baik lagi dan jumlah hewan kurban lebih banyak. Nanti ke depan, jauh-jauh hari sebelum hari raya kurban harus sudah mengimbau orang tua untuk ikut berkurban di Al Kautsar, soalnya kalau mendadak, biasanya orang tua sudah berkurban duluan di tempat lain,” kata M Sidik.
FOTO : Siswa Al Kautsar yang terlibat sebagai panitia kurban membagikan daging kepada warga yang tinggal di sekitar lingkungan Al Kautsar, Senin (4/9).
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *