Al Kautsar Gelar Tabliq Akbar Rayakan Milad ke-25

Merayakan Milad ke-25, Yayasan Al Kautsar menggelar rangkaian kegiatan memeriahkan hari kelahiran sekolah Islam Favorit di Lampung ini. Diawali dengan menghelat Tabliq Akbar, Rabu (4/1), di Masjid Islamic Centre, Rajabasa, Bandar Lampung.

Pihak Al Kautsar menghadirkan K.H. Tengku Zulkarnaen (Wakil Sekjen MUI Pusat) sebagai penceramah yang memberikan siraman rohani kepada ribuan peserta yang terdiri dari pembina, pengawas dan pengurus yayasan, para karyawan, guru, siswa, orangtua siswa, hingga masyarakat umum dari berbagai majelis pengajian di Lampung. Juga hadir pegawai Kantor Kemenag Bandar Lampung, Ketua MUI Provinsi Lampung Khairuddin Tahmid, MUI Bandar Lampung, serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada K.H. Tengku Zulkarnaen yang sudah bersedia hadir mengisi tabliq akbar memperingati Milad ke-25 Al Kautsar.  Wagiso menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya Perguruan Al Kautsar. “Dalam rangka Milad ke-25 ini, ada baiknya kita lihat kembali sejarah berdirinya Al Kautsar agar sama-sama memahami apa yang menjadi visi dan tujuan berdirinya sekolah Islam ini,” kata Wagiso.
Dia menjelaskan, Yayasan Al Kautsar dirintis oleh sekelompok pengejian Al Amal di Bandar Lampung yang  beranggotakan perorangan dari unsur-unsur pejabat pemerintah dan swasta, akademisi, dan masyarakat Provinsi Lampung yang beragama Islam,  diketuai oleh Bapak Syamsuddin Tohir dan Sekretaris Bapak Nasrun Rakai.  Kelompok pengajian Al-Amal secara rutin melakukan diskusi tidak hanya tentang aqidah, ibadah, tapi juga tentang muamalah, sosial, hingga pendidikan.
“Akhirnya tercetuslah ide untuk mendirikan sekolah islam unggulan di provinsi Lampung sehingga para orang tua tidak perlu menyekolahkan anak-anak mereka lagi ke luar Lampung,” ujar Wagiso. “Alhmdulilllah,  sejak berdiri secara resmi pada 16 Januari 1992, hingga kini Al Kautsar telah menjadi salah satu sekolah Islam favorit yang menjadi pilihan warga Lampung, hingga luar Lampung seperti Palembang, Bengkulu, dan Jambi,” katanya.
Sementara itu, K.H Tengku Zulkarnaen menjelaskan tentang nimat-nikmat yang diberikan Allah kepada hamba-hambanya.Menurutnya, nikmat yang paling rendah itu adalah nikmat harta benda. “Ini nikmat yang diberikan Allah untuk hambaNya, tapi ini merupakan nikmat yang paling tidak berharga. Jangan disangka kalau kaya terus seseorang bisa hidup bahagi dan tentram, Bohong! Sekarang saya tanya siapa yang mau kaya tapi dikasih kasih stroke?” ujar Ustaz Tengku Zulkarnaen. Pertanyaan itu serentak dijawab tidak oleh para hadirin.
Dia melanjutkan, hal itu menunjukkan bahwa kenikmatan harta benda dibawah kenikmatan sehat. Sementara kenikmatan sehat dibawah kenikmatan hidup. Dia mengatakan, banyak orang yang memilih tetap hidup walau dalam kondisi sakit. Artinya, kenikmatan hidup lebih berharga dari kenikmatan sehat. “Mau tahu apa kenikmatan yang paling tinggi dan berharga? Iman! Siapa yang memiliki iman walau sebesar biji zarah, maka ia akan masuk surga,” katanya.
Dia menjelaskan, seseorang disebut beriman jika dia mencintai Allah dan Nabi Muhammad SAW melebihi dirinya sendiri. Orang yang beriman, ujarnya, lebih berharga dari semesta dan seisinya termasuk seluruh orang-orang kafir yang ada di dalamnya. “Itulah berharganya satu orang yang beriman, dan dijelaskan bahwa kiamat tidak akan terjadi jika masih ada satu orang yang menyebut Allah, Allah, Allah menggunakan lidahnya,” tutur Tengku Zulkarnaen.
Untuk itu, dia mengingatkan seluruh peserta tabliq akbar untuk terus menjaga dan memupuk keimanan kepada Allah dan Rasulullah sehingga kelak termasuk dalam golongan orang-orang yang mendapat petunjuk dan di Rahmati Allah SWT.
Sementara itu, Ketua Panitia Milad Al Kautsar, Mariana memaparkan beberapa rangkaian kegiatan memeriahkan Milad, diantaranya tabliq akbar yang digelar kemarin, selanjutnya seminar guru, jalan sehat, Amuse yang digelar unit SMA, AKA Event yang digelar unit SMP, dan gathering ke Pulau Pahawang. “Untuk resepsi Milad dilaksanakan pada 16 Januari berbarengan dengan upacara peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Al Kautsar di lokasi outbond,” kata dia.

Foto : K.H. Tengku Zulkarnaen (Wakil Sekjen MUI Pusat) sedang memberikan ceramah agama pada Tabliq Akbar yang merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Milad ke-25 Al Kautsar, di Islamic Centre, Rajabasa, Bandar Lampung, Rabu (4/1).
K.H. Tengku Zulkarnaen (Wakil Sekjen MUI Pusat)
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *