Sebanyak 71 siswa SMA Al Kautsar yang akan lulus tahun ini diterima tanpa tes masuk ke PTN pilihan mereka. “Ada 68 siswa yang diterima lewat jalur SNMPTN dan 3 siswa lewat jalur prestasi, salah satunya Faiza kelas XII IPA 2 diterima di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia atas prestasinya  meraih medali perak pada  OSN bidang ekonomi di  tingkat nasional,” ujar Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair dihubungi Rabu (18/04/2018).

Eko mengatakan, siswa SMA Al Kautsar yang lolos di jalur SNMPTN tersebar di beberapa PTN di Indonesia, diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Lampung (Unila),  Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Padjajaran (UNPAD), Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Menurut Eko, terdapat peningkatan siswa yang lolos tanpa tes masuk ke PTN di tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun lalu ada 65 siswa yang masuk tanpa tes ke PTN, Alhamdulillah tahun ini naik menjadi 71 siswa,” tuturnya.

Jumlah tersebut, lanjutnya, belum termasuk siswa-siswa yang mendaftar di jalur undangan Universitas Islam Negeri (UIN), Politeknik, dan Ikatan Kedinasan. Dia berharap semakin banyak jumlah lulusan SMA Al Kautsar yang diterima di PTN ataupun PTS favorit di Indonesia. “Kalau tahun lalu, jumlah siswa yang lolos lewat jalur undangan dan tes kedinasan sebesar 71,77 % dari total lulusan 294 orang.  Harapannya, tahun ini bisa meningkatkan dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Ketika ditanya rahasia Al Kautsar dapat mengantarkan para lulusannya diterima di PTN dan PTN favorit di Indonesia, Eko Anzair menjelaskan bahwa sejak kelas X, para siswa baru sudah diberi arahan dan diberi mitovasi untuk rajin dan giat belajar sehingga nilainya tidak menurun. “Di kelas X ini juga siswa sudah diberi psikotes untuk melihat minat, bakat dan potensi mereka, begitu juga saat pemilihan jurusan dilakukan bimbingan konseling oleh guru BP dan Wali Kelas untuk mengarahkan potensi dan bakat siswa,” katanya.

Dia berpesan kepada para alumni SMA Al Kautsar untuk mempertahankan prestasi di Perguruan Tinggi tempat mereka berkuliah dengan mendapatkan nilai yang baik dan lulusa kuliah tepat waktu. “Ingat untuk menjaga ibadah dan akhlakul karimah seperti yang sudah ditanamankan di SMA Al Kautsar sehingga mahasiswa yang lain bisa melihat bahwa lulusan Al Kautsar itu tidak hanya unggul di akademik, memiliki wawasan global, tapi juga taat beribadah, memiliki karakter dan akhlak baik,” kata dia. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *