6 Guru SMP Al Kautsar Jadi Instruktur Guru Pembelajar

ENAM guru SMP Al Kautsar yang memiliki nilai uji kompetensi guru (UKG) tinggi ditunjuk menjadi instruktur guru pembelajar untuk tingkat kota Bandar Lampung. Mereka adalah Choirul Saleh (Bahasa Indonesia), Arismun (Bahasa Inggris), Alfiyah (Bahasa Inggris), Mariana (IPS), Septinayati (PPKn), dan Ardi Ikhwanudin (Kesenian). Para guru ini bertugas membina dan membimbing guru-guru di Bandar Lampung yang memiliki nilai UKG rendah.

“Guru-guru ini, termasuk saya sudah mengikuti pelatihan instruktur nasional guru pembelajaran yang digelar Kemendikbud,” kata Choirul Saleh yang juga Waka Kesiswaan SMP Al Kautsar, baru-baru ini.
Dia menjelaskan, mereka sudah mendapatkan pelatihan peningkatan  kompetensi berisi 10 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, diantaranya penguasaan bahan ajar, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media/sumber, menguasai landasan kependidikan.
Lalu, mengelola interaksi belajar-mengajar, menilai prestasi siswa, mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah. Serta, memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran. “Guru juga mendapatkan pembekalan tentang bentuk-bentuk mentoring yang akan dilakukan, yaitu tatap muka, daring dan kombinasi,” katanya.
Dia menjelaskan guru-guru yang memiliki nilai merah 8—10 dari 10 kompetensi harus mengikuti pelatihan tatap muka. Sedangkan, bagi guru yang nilai merahnya 3—7 dapat mengikuti pelatihan lewat moda daring atau e-learning.
Pada Oktober hingga November, ujar Choirul Saleh, mereka sudah mulai melayani konsultasi daring dari para guru di Bandar Lampung yang nilai UKG nya rendah. Dia memaparkan, setiap mentor atau instuktur mendapat 20 guru yang harus dibina dan dilatih terkait 10 kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru. “Setiap mentor menangani 20 guru, dan ini dibagi langsung oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidika (P4TK) Jakarta,” tuturnya.
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *