Sebanyak 138 lulusan SMA Al Kautsar tahun ajaran 2020/2021 berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit yang diidamkan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Alhamdulillah, sampai sore ini sebanyak 138 siswa sudah melapor ke sekolah mereka lolos SBMPTN,” ujar Eko Anzair, Selasa (15/6/2021).

Dengan ini, lanjut Eko, total siswa SMA Al Kautsar yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN sebanyak 230 orang atau sudah mencapai 68,04% dari total lulusan SMA Al Kautsar 338 orang.

“Insya Allah jumlah lulusan SMA Al Kautsar yang diterima di perguruan tinggi akan meningkat karena siswa kami juga masih banyak yang ikut jalur mandiri dan kedinasan. Saat ini, untuk jalur mandiri dan kedinasan belum diumumkan,” tuturnya.

Eko memaparkan, beberapa perguruan tinggi negeri yang berhasil ditembus oleh lulusan SMA Al Kautsar, diantaranya Universitas Lampung (Unila), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Diponegoro (Undip), UIN Semarang, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

“Untuk jurusan yang diterima juga beragam, ada yang diterima di jurusan Akuntansi, Pendidikan Dokter, Hukum, Teknik Sipil, Manajemen, Psikologi, Kedokteran Hewan, Agribisnis, Ilmu Keperawatan, Farmasi, dan jurusan lainnya,” pungkas Eko.