Siswi SMP Al Kautsar, Dania Zahra Ayusti kembali menyabet juara lomba story telling tingkat nasional. Tiga minggu lalu, Dania menyabet juara I Lomba Story Telling tingkat nasional yang dihelat Sekolah Darma Bangsa.

Kali ini, Dania meraih juara II Lomba Story Telling tingkat nasional yang digelar SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, sekaligus dinobatkan sebagai juara favorit (people choice) berdasarkan jumlah like, tayangan Instagram dan orisinalitas karya.

Pengumuman pemenang dilakukan pada pukul 08.00 WIB, Jumat (30/4/2021) melalui Zoom dan streaming Youtube SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto sangat mengapresiasi prestasi yang kembali diraih Dania.

“Alhamdulillah, Dania kembali meraih prestasi tingkat nasional, kami sangat bangga karena walau di masa Pandemi Covid-19 tidak menghalangi siswa Al Kautsar untuk terus mengasah kreativitas, berkompetisi dan menoreh prestasi,” ujar Rudiyanto, Jumat (30/4/2021).

Menurut Rudi, Dania yang juga alumni SD Al Kautsar tersebut juga telah beberapa kali meraih juara lomba mendongeng di masa SD.

“Alhamdulillah, di jenjang SMP, Dania terus mengasah bakat dan kemampuannya dan mencetak prestasi,” tutur Rudi.

Lomba tingkat nasional yang digelar SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta ini diikuti oleh 160 peserta dari berbagai provinsi dengan rincian 20 peserta Story Telling, 23 peserta Pildacil, dan 117 peserta mendesain poster.

Sementara itu, Dania mengatakan mengetahui tentang lomba ini dari Instagram OSIS SMP Al Kautsar dan membaca direct message yang dikirimkan oleh OSIS SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

“Kebetulan Dania juga Ketua OSIS SMP Al Kautsar, jadi baca direct message dari SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bahwa mereka akan mengadakan lomba tingkat nasional,” ujar Dania.

Menurut Dania, dengan dukungan dan bimbingan guru di sekolah, dia mendaftar secara online dengan mengisi data pribadi dan mengirimkan naskah story telling yang akan dilombakan menggunakan google form kepada panitia.

“Dania menghapal naskah sekitar tiga hari, dan mulai membuat video story telling menggunakan smartphone dan mempostingnya di akun Instagram pribadi @daniiazahra,” tuturnya.

Dia menjelaskan, lomba dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi instagram dan youtube.

“Dania membawakan story telling berjudul Prophet Musa and His Staff, Alhamdulillah Dania bisa meraih juara II dengan skor 557, juara I diraih siswa Samarinda dengan skor 560,” katanya.

Dania mengatakan, dewan juri menilai tiga aspek yaitu speaking skill, story structure, dan performance dengan empat scoring yaitu excellent, good, fairly good, dan poor.

Dania mengaku sangat senang dan terharu dengan prestasi diraih.

“Alhamdulillah, my struggle was paid today with the sweat result,” tuturnya.

Atas prestasinya, Dania mendapatkan uang pembinaan, e-sertifikat, dan tiket gratis masuk ke SMA 2 Muhammadiyah 2 Yogyakarta tanpa tes dan biaya pendaftaran. Tapi, Dania mengatakan, hal terindah yang dia dapatkan dengan mengikuti lomba ini adalah pengalamannya.

Dania juga mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah, guru pembina OSIS dan guru bahasa Inggris, dan teman-teman yang selalu mendukung dan mendoakannya.

“Terimakasih kepada guru-guru SMP Al Kautsar, rekan OSIS, dan teman-teman yang juga ikut mendoakan dan mendukung Dania dalam membantu like, comment dan share video. But for sure, i felt so proud and happy because i could study at Al Kautsar,” pungkasnya.

Foto.
Dania Zahra Ayusti meraih juara II Lomba Story Telling tingkat nasional yang digelar oleh SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.