SMA Al Kautsar sudah mulai mendaftarkan para siswanya ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPT).

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan tahun ini ada 136 siswa kelas XII yang didaftarkan ke perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan ini.

“Jumlah siswa yang mendaftar lewat jalur SNMPTN 40% dari total siswa kelas XII. Rinciannya yang jurusan IPA 82 siswa, dan IPS 54 siswa,” kata Eko Anzair, Rabu (17/2/2021).

Eko berharap di tahun ini, semakin banyak siswa SMA Al Kautsar yang diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN.

“Mudah-mudahan yang lolos jalur undangan tahun ini bisa meningkat. Tahun kemarin ada 76 siswa kami tembus lewat jalur undangan ini,” tutur Eko.

Sementara itu, Guru Bimbingan Konseling SMA Al Kautsar, Ida Nasution, S.Psi, mengatakan pendaftaran secara online jalur SNMPTN ini sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari, dan terakhir pendaftaran hingga 24 Februari nanti.

Ida mengatakan, PTN yang paling banyak diminati siswa SMA Al Kautsar diantaranya Universitas Lampung (Unila), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), serta Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan jurusan yang banyak dipilih adalah Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Farmasi, Teknik Psikologi, FMIPA, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Fisipol, dan Pendidikan.

“Untuk pilihan PTN dan jurusan ini diputuskan oleh siswa sendiri. Kami hanya membantu siswa melalui bimbingan kelompok karir untuk mengarahkan memilih PTN dan jurusan yang sesuai dengan minat dan nilai yang dimiliki,” tutur Ida.

Menurut Ida, di masa Pandemi Covid-19 ini, pihak sekolah melakukan melakukan bimbingan karir secara online melalui aplikasi Zoom Meeting.

“Sebelum bimbingan karir, kami meminta siswa mencari informasi deskripsi dan prospek kerja jurusan yang diminati, lalu meminta persetujuan sementara dari orangtua terkait pilihan tersebut,” ujar Ida.

Selanjutnya, dalam bimbingan kelompok karir, guru BK akan menjelaskan kepada siswa tentang bakat, minat, potensi, serta nilai mereka selama enam semester di SMA Al Kautsar.

“Kami juga menggunakan nilai alumni yang telah lolos di SNMPTN pada tahun lalu sebagai salah satu dasar melihat peluang diterimanya siswa di jurusan dan PTN yang dipilih,” kata Ida.

Setelah bimbingan karir, siswa akan memantapkan kembali pilihan jurusan dan PTN yang dituju, dan keputusan siswa ini kembali dikomunikasikan dengan orangtua mereka.

“Kami dari guru BK juga menyampaikan hasil bimbingan kelompok karir ini kepada pimpinan sekolah,” pungkasnya.