Jalur Unggul SMP dan SMA Al Kautsar menjadi rebutan ratusan pendaftar dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dan luar Lampung.

Tahun ini, Al Kautsar membuka PMB kelas Unggul dan kelas Plus untuk SMP dan SMA secara serentak pada 18 Januari 2021 lalu. Pendaftaran jalur Unggul dan Plus ini akan ditutup pada 19 Februari mendatang.

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah ratusan orang yang mendaftar di jalur unggul dan plus, pendaftaran masih kami buka sampai 19 Februari nanti,” ujar Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar, Rizal Effendi, Kamis (4/2/2021).

Rizal merinci, pendaftar jalur Unggul dan Plus SMP mencapai 107 orang, dan jenjang SMA mencapai 238 orang.

Menurut Rizal disuasana pandemi Covid-19 saat ini, PMB Al Kautsar diutamakan secara online melalui website pmb.alkautsarlampung.sch.id:8084.

Namun, Al Kautsar membuka sekretariat PMB di Kantor Yayasan untuk melayani masyarakat yang kesulitan atau benar-benar tidak bisa melakukan pendaftaran secara online.

Kelas Unggul dan kelas Plus untuk jenjang SMP dan SMA masing-masing dibuka satu kelas dengan jumlah siswa 32 orang.

Kelas unggul SMP dan SMA Al Kautsar memiliki beberapa kelebihan diantaranya beasiswa yang diberikan kepada para juara kelas.

Para juara di kelas unggul akan mendapatkan keringan biaya SPP dan uang pangkal dengan dengan persentase bervariasi.

Keringanan SPP 100% diberikan kepada juara 1-5, lalu juara 6-10 mendapat keringanan SPP 50%, dan rangking 11-20 juga mendapatkan keringanan SPP, yaitu 25%.

Selain itu, juga tersedia keringanan biaya uang pangkal, yaitu juara 1-3 mendapat diskon 50% , lalu juara 4-6 mendapat diskon 25%, dan rangking 7-10 mendapat potongan uang pangkal 20%.

Begitu juga dengan kelas Unggul SMP Al Kautsar yang memberikan keringanan SPP 100% kepada juara 1-5, lalu keringanan SPP 50% diberikan kepada juara 6-10, dan keringan SPP 30% diberikan kepada rangking 7-15.

Sementara, kelas Plus menyediakan fasilitas yang lebih lengkap, dan program tambahan belajar yang lebih beragam dibandingkan kelas reguler.