Penerimaan Murid Baru (PMB) SD Al Kautsar masih dibuka hingga 24 Februari mendatang. Hingga Senin (8/2/2021), pendaftar SD Al Kautsar sebanyak 183 orang. Di tahun ini, SD Al Kautsar menerima delapan rombongan belajar untuk siswa baru.

Kepala SD Al Kautsar Yus Indra mengatakan untuk seleksi siswa baru jenjang SD tidak dilakukan tes tertulis. Proses seleksi berdasarkan usia siswa yaitu minimal 5,6 tahun per 1 Juli 2021.

“Seleksi ini sesuai dengan peraturan Mentri Pendidikan yang menyatakan untuk masuk SD tidak boleh ada tes membaca, menulis, dan berhitung. Yang diutamakan adalah usia anak dan jarak tempat tinggal anak dengan sekolah,” ujar Yus Indra, Selasa (9/1/2021).

Menurut Yus Indra, pendaftaran dapat dilalakukan secara online melalui web pmb.alkautsarlampung.sch.id:8084.

“Al Kautsar juga membuka sekretariat PMB di Kantor Yayasan bagi orangtua yang bingung atau tidak bisa mendaftar secara online,” ujarnya.

Untuk syarat pendaftaran, lanjut Yus Indra, diantaranya mengisi formulir dan membayar uang pendaftaran, melampirkan fokopi KK, Akta Kelahiran, daftar gaji suami/istri bagi PNS, BUMN, dan swasta, atau surat keterangan penghasilan menggunakan blangko yang sudah disediakan oleh panitia PMB.

Yus Indra memaparkan, SD Al Kautsar mendapat predikat A (amat baik) dari Badan Akreditasi Sekolah Nasional yang mencerminkan kualitas kurikulum, proses pembelajaran, fasilitas, serta SDM guru yang mengajar di Al Kautsar.

“Alhamdulillah, keunggulan di bidang akademik dan non akademik juga ditunjukkan oleh beragam prestasi siswa Al Kautsar baik nasional maupun daerah,” ujarnya.

Beberapa prestasi SD Al Kautsar di tingkat nasional adalah juara I dan II untuk enam kategori pada Kejuaraan Pencak Silat Lampung Berjaya Open 2019, Nominator Nasional Sekolah Sehat 2020. Sedangkan prestasi di tingkat kota Bandar Lampung diantaranya Juara III Spelling Bee AFF 2020, Juara 1 Dai Cilik, Juara II Kaligrafi, Juara 1 Futsal, Juara 1 LCT, dan Juara 1 Singing Contest.