SMP Al Kautsar menggelar Al Kautsar Event (AKA Event) X Online bagi siswa SD negeri dan swasta yang ada di Provinsi Lampung.
Kegiatan ini akan berlangsung pada Senin (26/1/2021) hingga Jumat (13/2/2021) mendatang.

Namun, pendaftaran berbagai cabang lomba yang digelar di AKA Event sudah dimulai sejak 16 November 2020, dan akan ditutup pada 20 Januari 2021.

“AKA Event ini merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka memeriahkan Milad Yayasan Al Kautsar, serta ajang silaturahmi dan memperkenalkan SMP Al Kautsar kepada masyarakat luas,” ujar Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto, Selasa (5/1/2021).

Menurut Rudi, SMP Al Kautsar telah melaksanakan 9 kali kegiatan akbar AKA Event yang dilakukan secara tatap muka dan berlangsung meriah. Namun, di situasi pandemi Covid-19 tahun ini, AKA Event akan digelar secara online menggunakan berbagai aplikasi, diantaranya Google Meet, Google Form, Zoom, dan Google Suite.

“Kami berharap, walaupun berlangsung secara online, tidak akan mengurangi kemeriahan kegiatan,” tuturnya.

AKA Event Online tahun ini memiliki tema Smart, Creative and Religious karena AKA Event menuntut kreativitas peserta, inovasi, melatih percaya diri dan sportivitas yang diimbangi dengan spiritual yang tinggi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memacu semangat peserta didik untuk menggali potensi serta mengembangkannya sesuai bakat dan keinginan,” kata Rudi.

Rudi memaparkan, beberapa lomba yang digelar di AKA Event Online tahun ini adalah Olimpiade Pendidikan Agama Islam, MTQ, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS, Olimpiade Matematika, dan Membaca Puisi.