SMA Al Kautsar menggelar LCT MIPA dan Olimpiade IPA, IPS ke-25 tingkat Provinsi Lampung yang diikuti oleh ratusan pajar dari SMP/MTs di Provinsi Lampung.

Pelaksanaan LCT dan olimpiade di masa pandemi Covid-19 tahun ini dilakukan secara online. Kegiatan berlangsung pada Rabu (20/1/2021) dan Kamis (21/1/2021).

Kegiatan dibuka oleh Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso secara online menggunakan Learning Management System (LMS) milik SMA Al Kautsar.

LMS merupakan aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan, pembelajaran elektronik dan pelatihan serta perlombaan.

Wagiso mengatakan ajang tahunan LCT dan Olimpade ini dalam rangka mempromosikan sekolah Al Kautsar sekaligus menjaring siswa-siswa berprestasi di Lampung.

“Kami berharap para siswa berprestasi ini nantinya bergabung dengan SMA Al Kautsar,” ujar Wagiso, Rabu (20/1/2021).

Wagiso juga memaparkan sejumlah prestasi SMA Al Kautsar, yaitu meraih dua medali emas pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) nasional untuk bidang astronomi dan kimia.

“Lulusan SMA Al Kautsar juga diterima di PTN serta PTS favorit. Sekitar 80% lulusan SMA Al Kautsar diterima di perguruan tinggi negeri,” tuturnya.

Sementara itu, Waka Bidang Kesiswaan SMA Al Kautsar, Esti Hariani mengatakan, untuk babak semi final dan final hari ini (21/1/2021), perlombaan digelar offline dengan peserta terbatas dan menerapkan prtokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Esti memaparkan, untuk olimpiade ada 9 mata pelajaran yang dilombakan, yaitu komputer, matematika, fisika, kimia, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi.

Pada ajang ini, panitia akan memberikan sertifikat, piagam, dan uang tunai bagi para juara.

“Khusus untuk juara 1,2, dan 3 LCT, serta juara 1 di setiap cabang olimpiade akan mendapatkan tiket masuk tanpa tes di kelas reguler SMA Al Kautsar,” katanya.