Sebanyak 285 siswa SD/MI se Provinsi Lampung mengikuti AKA Event ke-10 yang digelar SMP Al Kautsar. Kegiatan dibuka kemarin pagi (26/1/2021), dan akan berlangsung hingga 25 Februari 2021.

Kegiatan AKA Event di masa pandemi Covid-19 ini digelar secara online mengunakan aplikasi google form, dan google meet.

Secara resmi, AKA Event dibuka oleh Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso secara online.

Wagiso memberikan semangat kepada para peserta dalam mengikuti berbagai cabang lomba yang digelar di AKA Event.

Menurut Wagiso, kegiatan AKA Event dilaksanakan untuk mempromosikan SMP Al Kautsar di masa penerimaan murid baru (PMB).

Saat ini, PMB jalur kelas Unggul dan Plus sedang berlangsung hingga 19 Februari 2021. Sedangkan jalur kelas reguler dibuka pada 1 Maret hingga 1 April mendatang.

Wagiso mengimbau, masyarakat dan para peserta AKA Event untuk mendaftar ke SMP Al Kautsar dan bergabung menjadi keluarga besar Al Kautsar.

“Bagi juara 1 di semua cabang lomba AKA Event juga mendapat kesempatan masuk SMP Al Kautsar kelas reguler tanpa tes,” ujar Wagiso.

Sementara itu, Sekretaris kegiatan, Fatoni Latif mengatakan, ada 7 cabang lomba yang digelar di AKA Event 10 yaitu olimpiade matematika yang diikuti 61 peserta, olimpiade IPA 60 peserta, olimpiade IPS 42 peserta, olimpiade PAI 57 peserta, lomba baca puisi 24 peserta, lomba MTQ 17 peserta, dan lomba azan 24 peserta.

“Total peserta sebanyak 285 siswa yang berasal dari 19 SD dan MI di Lampung. Diantaranya dari Bandar Lampung, Pringsewu, Tanggamus, Mesuji, Waykanan, Lampung Tengah, dan Lampung Selatan,” ujar Fatoni.

Dia menjelaskan, hari pertama dilaksanakan olimpiade PAI dan olimpiade IPA. Perlombaan dilakukan menggunakan google form dan diawasi oleh petugas pengawas menggunakan google meet.

“Selanjutnya di hari kedua olimpiade IPS dan olimpiade matematika, semua digelar secara online,” kata Fatoni.

Sedangkan teknis lomba baca puisi, MTQ dan azan dilakukan dengan menilai video yang dikirim oleh peserta.

“Untuk babak final lomba baca puisi, MTQ dan azan ini akan dilalukan secara langsung melalui google meet,” katanya.

Untuk setiap cabang lomba akan diambil juara 1,2,3, harapan 1, 2, dan harapan 3. Pemenang mendapatkan sertifikat, dan piagam. Khusus untuk juara 1 di 7 cabang yang dilombakan mendapatkan tiket masuk ke kelas reguler SMP Al Kautsar tanpa tes.

Foto

1. Kegiatan AKA Event ke-10 SMP Al Kautsar digelae secara online mulai 26 Januari hingga 25 Februari 2021.

2. Salah satu peserta AKA Event dari MIN 8 Bandar Lampung sedang mengikuti lomba olimpiade dari sekolahnya.