Yayasan Al Kautsar menggelar rangkaian kegiatan memperingati Milad ke-29. Diawali dengan melaksanakan Khotmil Quran atau Khatam Quran pada Kamis (14/1/2021), dilanjutkan dengan acara potong tumpeng dan pemberian apresiasi bagi seluruh guru dan karyawan Al Kautsar pada Jumat (15/1/2020).

Acara potong tumpeng dihadiri oleh pembina yayasan, pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, dan karyawan Al Kautsar.

Dalam sambutannya, Pembina Yayasan Al Kautsar, Mawardi AS mengharapkan seluruh civitas Al Kautsar menjalankan fungsi dan tugasnya dengan maksimal sehingga prestasi dan nama besar Al Kautsar berkibar dan tersiar ke seluruh lapisan masyarakat.

Dia juga mengingatkan seluruh pengurus dan guru Al Kautsar untuk meningkatkan kinerja walau masih dalam kondisi Pandemi Covid-19.

“Kita terus tingkatkan kinerja, dengan menerapkan berbagai tekhnologi, melakukan inovasi, sehingga orangtua tetap percaya dengan Al Kautsar,” tutur Mawardi.

Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso mengungkapkan rasa syukur di usia ke-29, Al Kautsar tetap eksis dan menjadi pilihan masyarat untuk mendidik putra putrinya.

Wagiso juga bersyukur selama masa Pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran dan program-program Al Kautsar tetap berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, di masa pandemi Covid-19 ini pembelajaran dan berbagai kegiatan perlombaan tetap berjalan secara daring. Kami mengharapkan para guru dan karyawan terus meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada siswa dan orangtua siswa, dalam kondisi apapun, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini,” katanya.

Wagiso juga mengharapkan orangtua siswa dan masyarakat memberikan masukan yang membangun kepada Al Kautsar agar dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Sebab, yayasan Al Kautsar ini adalah yayasan milik umat Islam, bukan milik perorangan atau milik keluarga, dan ini mungkin satu-satunya di lampung,” tutur Wagiso.

Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar, Rizal Effendi menambahkan, untuk kegiatan khotmil quran dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus sebagai wasilah dikabulkannya doa.

Kegiatan khatam quran diikuti oleh 70 guru dan karyawan Al Kautsar, di Masjid Kampung Al Kautsar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 menjaga jarak antar peserta.

“Kegiatan khotmil quran diawali dengan sholat dhuha, melantunkan asmaul husna, setelah itu baru khatam quran yang dilakukan oleh 60 orang masing-masing membaca setengah juz. Sementara yang lainnya membaca surah Al Waqiah dan Al Mulk,” ujar Rizal Effendi.

Pada kegiatan ini juga disampaikan tausiyah singkat oleh Ustad Arpandi dengan tema Bersyukur.

“Khatam quran ini adalah bentuk syukur kita, sekaligus menjadi wasilah diterimanya doa, dijauhkan dari Covid-19, dan dilancarkan program-program pendidikan Al Kautsar,” kata Ustad Arpandi.

Foto
1. Ketua yayasan Al Kautsar Wagiso membetikan potongan tumpeng kepada pembina yayasan dalam rangka Milad ke-29 Yayasan Al Kautsar, di kantor yayasan Al Kautsar, Jumat (15/1/2021)

2. Para guru dan karyawan Al Kautsar mengkhatamkan bacaan Alquran pada kegiatan Khotmil Alquran, Kamis (14/1/2021), di Masjid Kampus Al Kautsar, sebagai rangkaian Milad ke-29 Yayasan Al Kautsar.