Di momen Hari Guru Nasional Tahun 2020, Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso mengajak semua guru Perguruan Al Kautsar mulai dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA untuk merenung sejenak perubahan apa yang telah dilakukan terhadap diri sendiri dan terhadap pendidikan di Perguruan Al Kautsar.

“Apakah perubahan yang kita lakukan sudah menuju ke arah positif atau sebaliknya? Mari kita merenungkan, dimulai dari perubahan yang telah kita lakukan pada diri sendiri dan perubahan di bidang pendidikan di Perguruan Al Kautsar tercinta ini,” ujar Wagiso, Rabu (25/11/2020).

Wagiso juga mengingatkan para guru untuk menjaga imun tubuh menangkal Covid-19 dengan selalu berpikir positif dan bersyukur.

Wagiso mengatakan, banyak hal yang harus disyukuri oleh para guru dan karyawan Al Kautsar.

Diantarnya, di tengah pandemi Covid-19, para guru dan keluarga besar Al Kautsar masih hidup dan sehat, sementara sudah banyak masyarakat yg kena Covid-19.

Kemudkan, semua pegawai Al Kautsar masih menerima penghasilan tetap yang tidak terlalu dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

Guru dan karyawan juga masih dapat menjalankan kewajiban pekerjaan dengan baik, dengan risiko yang lebih rendah jika dibandingkan dengan profesi lain.

Hikmah lain dari pandemi ini, lanjut Wagiso, yaitu ilmu dan keterampilan mengajar para guru menjadi bertambah dengan pola-pola dan metode-metode baru.

“Pesan saya, selain bersyukur, jadikan moment hari guru ini untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Kita harus terus belajar, berinovasi, dan terus memberikan layanan terbaik. Selamat Hari Guru,” tutur Wagiso.

Sementara itu, guru-guru SMA dan SMP Al Kautsar menggelar senam dan doa bersama di sekolah masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat menggunakan masker dan menjaga jarak.

Surprise berupa kiriman tumpeng bertuliskan Selamat Hari Guru juga dikirimkan oleh siswa Osis sebagai bentuk terimakasih kepada guru-guru mereka.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat adanya Pandemi Covid-19.

Guru SMP Al Kautsar merayakan hari guru tanpa kehadiran para siswa. Peringatan hari guru dilakukan secara sederhana dengan melakukan senam dan doa bersama.

“Di momen ini, kami mendoakan semua guru di Indonesia, terutama guru-guru Al Kautsar selalu diberi kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas di masa pandemi ini,” ujar Rudiyanto.

Dia juga berpesan kepada para guru SMP Al Kautsar untuk menjadi sosok teladan dan sumber inspirasi bagi murid-muridnya.

Menjadi guru yang berdedikasi dan profesional dalam menjalankan tugas mengajar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal senada disampaikan Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair.

“Semoga guru-guru Al Kautsar menjadi guru yang mengajar dari hati, guru yang edukatif dan inovatif. Jaga kekompakan dan tetap semangat serta ikhlas dalam melaksanakan tugas,” ujar Eko Anzair.