SD Al Kautsar mendapat penghargaan dari BPOM Provinsi Lampung sebagai nominasi Sekolah Pangan Aman tingkat nasional.

Penghargaan diberikan oleh Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto kepada Kepala SD Al Kautsar, Yus Indra, Selasa (17/11/2020), di Hotel Novotel.

Yus Indra mengatakan walau di tengah pandemi Covid-19, SD Al Kautsar masih bisa berprestasi menjadi nominasi Sekolah Pangan Aman tingkat nasional.

“Alhamdulillah, SD Al Kautsar berhasil meraih prestasi, semoga ke depan SD Al Kautsar dapat meningkatkan kantin sehat dan jajanan pangan sehat di kantin Al Kautsar,” ujar Yus Indra, Selasa (17/11/2020).

Pada Februari 2020, SD Al Kautsar masuk sebagai salah satu nominator Sekolah Pangan Aman Tingkat Nasional bersama lima nominator lain yaitu SMAN 3 Batam, SMPN 1 Pontianak, SD Muhammadiyah Condong Catur Yogyakarta, SDN Bambu Apus 04 Jakarta Timur, dan SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik.

Pada tanggal 11 Februari 2020, dua surveyor dari BPOM RI, Yustina Muliani, S.Si, Apt, M.Si., (Kasi pemberdayaan Orsosmas BPOM RI), dan Ayusya Dian Paramita, S. Farm., Apt., (PFM pertama BPOM RI) melakukan verifikasi ke SD Al Kautsar.

Tim melakukan kunjungan ke ruangan UKS SD Al Kautsar, kantin, dan melakukan verifikasi berkas di perpustakaan SD Al Kautsar.

Tim BPOM pusat menilai konsistensi pimpinan sekolah dalam menjalankan program-program yang berkaitan dengan keamanan pangan, misalnya sarapan pagi bersama, PHBS, pelatihan dokter cilik, polisi kebersihan, pemeriksaan rutin makanan kantin oleh BPOM, serta pengawasan kebersihan dan keamanan makanan kantin oleh pihak sekolah.

Tim juga meminta berkas evaluasi kantin, pelatihan kantin, serta mengambil sampel makanan kantin untuk diuji di lab BPOM bahwa makanan di sekolah harus bernutrisi, halal, serta bebas dari cemaran kimia, fisika dan biologi.

Kepala SD Al Kautsar, Yus Indra menerima penghargaan Sekolah Pangan Aman Nasional yang diberikan Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Selasa (17/11/2020), di Hotel Novotel.