Tim debat yang mewakili Provinsi Lampung di ajang Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) tingkat nasional berhasil meraih Juara II LDBI nasional yang digelar secara daring menggunakan aplikasi Zoom pada 18 Oktober hingga 23 Oktober 2020.

Tim debat ini terdiri dari dua siswa SMA Al Kautsar, yaitu Firas Hazel Wavi, dan Saputra Dewa serta satu siswa SMAN 1 Kota Gajah Rayhan Raffa Alkhansa.

Selain itu, tim debat ini juga meraih 2 medali emas dan satu medali perak kategori best speaker. Medali emas best speaker diraih oleh Firas Hazel Wavi (SMA Al Kautsar), dan Rayhan Raffa Alkhansa (SMAN 1 Kota Gajah), sedangkan medali perak best speaker diraih Saputra Dewa (SMA Al Kautsar).

Pengumuman pemenang dilakukan secara virtual pada Selasa (27/10/2020).

“Alhamdulillah, dua siswa SMA Al Kautsar yang masuk tim debat mewakili Provinsi Lampung di LDBI tingkat nasional berhasil menampilkan kemampuan terbaik mereka sehingga Lampung menjadi juara II LDBI nasional tahun 2020,” ujar Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair, Kamis (28/10/2020).

Hal yang lebih membanggakan, kata Eko, ini adalah pertamakalinya tim debat Bahasa Indonesia SMA Al Kautsar maju ke tingkat nasional, dan langsung menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Lampung di nasional.

“Kami sangat bersyukur sekali, Firas Hazel dan Saputra Dewa meraih prestasi di ajang ini, mereka tidak hanya mengharumkan nama SMA Al Kautsar, tapi juga mengharumkan nama Provinsi Lampung,” tutur Eko.

Sementara itu, guru pembina lomba bahasa Indonesia SMA Al Kautsar, Septinah Welasih mengatakan LDBI tingkat nasional diikuti oleh 105 peserta dari 34 Provinsi di Indonesia.

Ada 5 sesi babak penyisihan di LDBI nasional, lalu dilanjutkan dengan babak per delapan besar, babak perempat besar, babak semi final, dan grand final.

“Pada setiap babak diawali dengan match up, dilanjutkan penyampaian mosi, lalu casebuilding, debat, dan deliberasi juri,” tutur Septinah.

Menurut Septinah, ada tiga komponen yang dinilai oleh juri pada lomba debat ini, Pertama isi, dengan menilai kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat.

Kedua penyampaian, bagaimana peserta mengelola bahasa tubuh, volume suara, kontak mata dan variasi ekspresi untuk membuat video pidatonya menarik dan enak didengarkan.

Serta, Ketiga strategi, terkait manajemen waktu dan strategi pembelaan atau perlawanan yang baik terhadap mosi yang diberikan.

Tim debat asal Provinsi Lampung yang terdiri dari dua siswa SMA Al Kautsar dan satu siswa SMAN 1 Kota Gajah berhasil meraih Juara II LDBI Tingkat Nasional.