Tim SMA Al Kautsar berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Hukum Nasional yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan Kerjasama untuk Pencegahan Penyiksaan (KuPP).

Rangkaian lomba debat bertema ‘Lawan Bullying Dengan Prestasi’ ini berlangsung sejak 18 September hingga 22 September 2020. Sedangkan pengumuman pemenang dilakukan pada 28 September 2020.

Di babak final, tim SMA Al Kautsar yang terdiri dari Saputra Dewa, Firas Hazel Wavi, dan Putri Balkis meraih Juara 1 dengan total nilai 80.

Juara 2 diraih oleh tim SMAN 1 Ngawi Jawa Timur (total nilai 78), dan Juara 3 diraih SMA Nasional Malang (total nilai 76).

Guru pembimbing SMA Al Kautsar, Septinah Welasih mengatakan ajang debat tingkat nasional ini dilakukan secara daring.

Puluhan tim jenjang SMA, SMK, dan MA sederajat dari berbagai provinsi diwajib membuat video pidato atau debat berdurasi 3-5 menit sesuai mosi (topik) yang diberikan juri, serta mengunggahnya ke chanel youtube.

“Peserta yang telah mendaftar dan sudah diverifikasi oleh panitia diundang ke whatsapp grup. Disini juri akan memberikan mosi (topik) dan standing position (pro dan kontra), lalu peserta menyiapkan argumen dan membuat video debat,” ujar Septinah.

Video yang diunggah ke youtube dengan syarat 720 pixel dan harus memperlihatkan wajah. Lalu, link video dikirimkan ke panitia.

“Dari babak penyisihan diambil 4 tim terbaik untuk masuk babak semi final yang dilakukan daring secara berhadapan langsung,” ujar Septinah.

Selanjutnya, 3 pemenang di babak semifinal maju ke babak final.

Menurut Septinah hal yang dinilai dalam lomba debat hukum nasional ini adalah portofolio tim debat (10%), substansi debat (30%), teknik debat dan (30%), dan etika debat (30%).

Tim SMA Al Kautsar berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Hukum tingkat Nasional yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Print Friendly, PDF & Email