Tim SMA Al Kautsar berhasil meraih juara di beberapa kategori Olimpiade Sains Matematika dan Komputer (OSAMAKOM) Tingkat Provinsi Lampung dan dinobatkan sebagai Juara Umum.

Tim Al Kautsar yang berhasil meraih juara adalah Sahriar Hilmi (Juara 1 Olimpiade Komputer), Arkan Faruqi Narawangsa (Juara 1 Olimpiade Kimia), Achieva Futura Gemilang (Juara 2 Olimpiade Komputer), Ariq Shaquille Baswara (Juara 2 Olimpiade Fisika), dan Syafira Nurul (Juara 2 Olimpiade Biologi).

Kepala SMA Al Kausar, Eko Anzair mengatakan bangga dan besyukur atas prestasi siswa-siswanya.

“Alhamdulillah, prestasi siswa ini tidak lepas dari dukungan dan bimbingan guru, serta yayasan Al Kautsar yang memotivasi siswa untuk berprestasi,” ujar Eko Anzair.

Eko menjelaskan, OSAMAKOM merupakan ajang bergengsi di Provinsi Lampung yang selalu dikuti oleh Al Kautsar untuk mengasah kemampuan dan daya saing siswa.

“Lomba OSAMAKOM ini sekaligus untuk pemanasan siswa-siswa SMA Al Kautsar yang akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional atau KSN Tingkat Nasional bulan Oktober mendatang. Semoga anak anak bisa memperoleh hasil yang terbaik di KSN Tingkat Nasional nanti,” tutur Eko.

Sementara itu, guru pembina olimpiade, Guntur mengatakan, OSAMAKOM ini digelar oleh Universitas Lampung dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Lampung.

Guntur menjelaskan, OSAMAKOM adalah ajang olimpiade tingkat provinsi Lampung yang diikuti oleh puluhan siswa dari berbagai daerah Lampung.

Dia memaparkan, babak penyisihan OSAMAKOM digelar secara online. Kemudian, diambil 10 besar untuk masing-masing bidang dengan dua kategori.

Yaitu, kategori 1 diambil 5 siswa dengan nilai tertinggi dari keseluruhan peserta. Lalu, kategori 2 diambil 5 siswa yang mendapat nilai tertinggi perwakilan setiap kabupaten/kota diluar lima besar kategori 1.

“Untuk babak final dilaksankan secara offline di Unila dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Guntur.

Menurut Guntur, persiapan sebelum lomba dilaksanakan selama dua Minggu. Siswa tim olimpiade belajar dan berlatih secara intensif.

Tim SMA Al Kautsar meraih juara umum ASAMAKOM Tingkat Provinsi Lampung, Sabtu (19/9/2020). Penyerahan piala dilakukan di Universitas Lampung.

Print Friendly, PDF & Email