Enam siswa SMA Al Kautsar berhasil meraih juara di Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi Lampung dan dinyatakan maju ke KSN Tingkat Nasional yang akan digelar di Bangka Belitung.

Ke-enam siswa tersebut adalah Ariq Shaquille (Fisika), Arkan Faruqi (Kimia), Achieva Futura (Komputer), Sahriar Hilmi (Komputer), Sultan Hafiz (Astronomi), dan Zelinda Imroatus
(Kebumian).

Dari 21 siswa Lampung yang lolos ke nasional, paling banyak dari SMA Al Kautsar.

Sedangkan lainnya tersebar di SMAN 2 Bandar Lampung, SMAN 1 Metro, SMAN 1 Pringsewu, SMAN 1 Kotagajah, SMAN 1 Bandar Sribhawono, dan MAN Insan Cendekia Lampung Timur.

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan sangat bangga atas prestasi siswa-siwanya di ajang KSN ini.

“Alhamduulillah, saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena SMA Al Kautsar selalu mewakili Provinsi Lampung di ajang OSN/KSN setiap tahunnya,” ujar Eko Anzair, Senin (7/9/2020).

Eko juga mengapresiasi meningkatnya jumlah siswa yang lolos ke tingkat nasional.

“Tahun ini meningkat dari tahun kemaren. Tahun kemaren saat OSN di manado berjumlah 5 siswa dan memperoleh 3 mendali. Tahun ini 6 siswa, semoga di Nasional nanti di Bangka Belitung bisa mendapat Emas,” tutur Eko.

Eko juga mengucapkan terima kasih kepada pembina dan pelatih serta dukungan dari Pengurus Yayasan Al kautsar yang telah banyak membantu kegiatan olimpiade ini.

Guru pembina olimpiade SMA Al Kautsar, Guntur mengatakan KSN Tingkat Provinsi Lampung dilaksanakan selama lima hari, yaitu tanggal 10 Agustus 2020 sampai 14 Agustus 2020.

“KSN dilaksanakan secara daring sesuai sistem yang disiapkan panitia dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud,” ujar Guntur.

Pada hari Senin (10/8/2020) diujikan bidang Fisika dan Biologi, pada Selasa (11/8/2020) bidang Matematika dan Kimia.

Lalu pada Rabu (12/8/2020) diujikan bidang Informatika daj Astronomi, hari Kamis (13/8/2020) bidang Geografi dan Kebumian, serta pada Jumat (14/8/2020) diujikan mata pelajaran Ekonomi.

“Untuk persiapan ke KSN nasional nanti, ke-enam siswa akan mengikuti pelatihan daring dari lembaga pelatihan olimpiade profesional,” kata Guntur.

Sementara itu, Arkan Faruqi mengatakan, KSN tingkat provinsi Lampung digelar secara online dengan mengerjakan soal di website yang sudah disediakan oleh Pusprenas.

“Untuk soal Kimia berupa pilihan jamak dengan total 90 soal,” ujar Arkan.

Menurut Arkan, saat ini secara mandiri, dia melakukan latihan soal di rumah dan mengikuti pelatihan daring dari sekolah.

“Nanti juga ada pelatihan daring dari tutor lembaga pelatihan olimpiade profesional,” kata Arkan.

Print Friendly, PDF & Email