Sebanyak 48 guru SMP Al Kautsar mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Jarak Jauh (Moneva PJJ), Senin (28/9/2020).

Moneva dilakukan oleh 4 Pengawas SMP dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan, Moneva bertujuan untuk monitoring sekolah dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

“Mulai dari sistem pembelajaran hingga aplikasi yang digunakan dalam PJJ di sekolah,” ujar Rudiyanto.

Di SMP Al Kautsar sendiri, ujar Rudi beragam aplikasi digunakan dalam pendidikan jarak jauh diantaranya, Google Form, Google Clasroom, Google Meet, Zoom Meeting, WhatsApp, Quizizz, dan lainnya.

Selain itu, lanjut Rudi, dalam kegiatan Moneva juga dilakukan evaluasi pada kegiatan pembelajaran yang sudah diterapkan agar ke depan lebih baik dan lebih sempurna.

“Kesimpulannya bahwa di masa pandemi covid 19 guru harus tetap memberikan pembelajaran yang menyenangkan siswa sehingga siswa dapat belajar dengan tenang dan nyaman. Dengan demikian sistem imun siswa tetap baik dan selalu sehat,” ujarnya.

Menurut Rudi, pihak pengawas juga menekankan agar pembelajaran di masa pandemi tetap berorientasi kepada kebermanfaatan, kebermaknaan, pengalaman dan kecakapan hidup.

“Para guru juga diingatkan untuk memperhatikan ketercapaian pembelajaran abad 21 yaitu karakter, literasi, dan kompetensi,” tutur Rudi.

Dia berharap, semoga siswa tetap semangat belajar dan pandemi Covid-19 cepat berlalu.

Guru-guru SMP Al Kautsar mengikuti kegiatan Moneva PJJ dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Senin (28/9/2020).

Print Friendly, PDF & Email