Tim dari SMA Al Kautsar berhasil meraih juara II Festival Musikalisasi Puisi Digital Tingkat Provinsi Lampung yang digelar oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

Dengan prestasi ini, tim SMA Al Kautsar bersama tim SMAN 14 Bandar Lampung yang meraih juara I, maju ke Tingkat Nasional.

“Juara I dan Juara II mewakili Lampung untuk berlaga di Festival Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional, ” ujar Septi Welasih, guru pendamping tim SMA Al Kautsar, Kamis (27/8/2020).

Menurut dia, kegiatan berlangsung secara Online. Pendaftaran dimulai pada 10 Juli sampai 10 Agustus.

Satu sekolah hanya boleh mengirimkan satu tim yang terdiri dari 3–6 siswa.

“Total ada 21 tim dari 21 sekolah SMA di Lampung yang ikut dalam Festival Musikalisasi Puisi ini,” kata Septi.

Selanjutnya, para peserta diwajibkan membuat video musikalisasi puisi dengan durasi masing-masing 5 menit untuk puisi wajib dan 5 menit untuk puisi pilihan.

“Semua video peserta dikumpulkan pada 14 Agustus, termasuk tim SMA Al Kautsar,” tutur Septi.

Juri kemudian melakukan penilaian terhadap video-video peserta. Beberapa hal yang dinilai adalah makna, suasana, orisinilitas, komposisi, vokal, aransemen, harmonisasi, konsep video dan artistik visual.

Lalu, pada tanggal 21 Agustus 2020, panitia mengirimkan surat pengumuman pememang.

SMAN 14 Bandar Lampung meraih juara I, SMA Al Kautsar Juara II, dan SMA Sumber Jaya Lampung Barat Juara III. Selanjutnya, SMAN 10 Bandar Lampung diposisi IV, dan SMAN 1 Kota Metro diposisi V.

Foto. Tim SMA Al Kautsar berfoto bersama usai penerimaan hadiah Juara II Festival Musikalisasi Puisi Digital, 25 Agustus 2020.