Sebanyak 126 lulusan SMA Al Kautsar berhasil lolos ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui jalur Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Pengumuman SBMPTN secara nasional dilakukan pada Jumat (14/8/2020).

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan sangat bersyukur atas prestasi siswa di jalur SBMPTN tahun ini.

Jika digabungkan dengan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPMPTN) sebanyak 73 siswa, dan Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 11 orang, maka lulusan SMA Al Kautsar yang lolos ke Perguruan Tinggi Negeri mencapai 70,34%.

“Mudah-mudahan nanti dengan tambahan lulusan Al Kautsar yang lolos lewat jalur mandiri dan sekolah kedinasan bisa mencapai 82% seperti tahun lalu,” tutur Eko Anzair, Sabtu (15/8/2020).

Menurut Eko, prestasi ini tidak terlepas dari dukungan dan doa semua bapak ibu guru, staf dan pengurus, pengawas dan pembina yayasan Al Kautsar, serta para orangtua/wali siswa.

Eko menjelaskan 126 lulusan Al Kautsar yang lolos SBMPTN tersebar di beberapa perguruan tinggi negeri. Diantaranya, UGM, UPN Yogyakarta, Unila, IPB, Itera, Undip, UNS, Unsri, UNJ, UI, dan Unibraw.

Eko juga berpesan kepada para lulusan SMA Al Kautsar yang diterima di berbagai perguruan tinggi untuk tetap menjaga nilai-nilai ibadah dan akhlatul karimah yang selama ini diajarkan di Al Kautsar.

“Jaga nama baik almamater Al Kautsar, tunjukkan prestasi di tempat kuliah masing-masing. Jangan tinggalkan shalat, berbakti kepada kedua orangtua dan guru. Kami terus mendoakan kalian semua sukses mencapai cita-cita,” pungkas Eko.