SMA Al Kautsar melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring bagi 352 siswa baru kelas X.

MPLS daring dilaksanakan selama 3 hari, yaitu Senin-Rabu (13-15/7/2020).

Kepala SMA Alkautsar, Eko Anzair mengatakan, MPLS dilaksanakan secara daring karena pihak Al Kautsar memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, tenaga pendidik serta warga didik di Perguruan Al Kautsar.

Menurut Eko, kegiatan MPLS daring dimulai pukul 07.45 WIB menggunakan aplikasi zoommeeting.

Siswa wajib menggunakan seragam sekolah dan standby di depan komputer dan handphone masing-masing dari rumah hingga kegiatan selesai.

Dalam sambutannya membuka kegiatan MPLS daring, Eko Anzair memberi semangat para siswa untuk menjadi pejuang-pejuang baru yang kreatif dan inovatif di masa Pandemi Covid-19 atau Corona.

“Kalian semua menjadi menjadi bagian dari pejuang, bukan generasi cengeng, tapi generasi tangguh. Dengan tantangan ini kita dipacu untuk semakin kreatif dan inovatif, ” ujar Eko.

Dia juga menegaskan walau MPLS dan KBM tidak dilaksanakan secara tatap muka, tapi peserta didik baru tetap harus menjaga semangatnya dalam belajar.

“Kami juga meminta orangtua untuk memantau dan membimbing anak-anaknya dalam mengikuti proses pengenalan lingkungan sekolah secara daring ini, ” tuturnya.

Pada hari pertama ini, usai opening dan sambutan dari kepala sekolah, dilanjutkan dengan materi Kurikulum SMA Alkautsar, Kesiswaan dan Penumbuhan Budi Pekerti, Pengenalan sarana dan prasarana, Hymne dan Mars Al Kautsar.

Pada hari kedua dilanjutkan dengan materi Pengenalan Pimpinan, Guru, Karyawan, dan Kegiatan SMA Al Kautsar. Lalu, Pengenalan BK dan Prospek Jurusan IPA, IPS. Dilanjutkan dengan Pengenalan Osis, Ekskul dan Tata Upacara di Lingkungan Al Kautsar.

Pada hari ketiga, siswa baru mendapatkan materi tetang Pengenalan Pembelajaran Daring, Pengumpulan Data Online, Pembagian Kelas, dan Pengenalan Wali Kelas.