Konsep kelulusan siswa SMA Al Kautsar mengikuti surat edaran Pengurus MKKS
SMA Kota Bandar Lampung.

Surat edaran MKKS tersebut menjelaskan tentang Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Nomor 800/707/V.01/DP.2/2020 tentang Pelaksanaan Ujian Nasional dan Kegiatan Belajar Mengajar serta Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada SMA/SMK/SLB Se-Provinsi Lampung.

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair mengatakan, konsep penilaian kelulusan dan kenaikan kelas bagi siswa kelas X, XI, dan XII SMA Al Kautsar merujuk pada edaran tersebut.

“Penentuan kelulusan bagi siswa kelas XII berdasarkan pada tiga aspek yaitu menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh sekolah, ” ujar Eko, kemarin (2/4/2020).

Menurut Eko, ujian tatap muka dan ujian daring untuk kelas XII sudah selesai dilaksanakan. Saat ini, pihak sekolah bersama dewan guru sedang menyusun nilai raport semester 6 dengan mempertimbangkan nilai harian, tugas-tugas, nilai Latihan Ujian Nasional (LUN), dan nilai praktek.

“Pengumuman kelulusan siswa nanti akan dilaksanakan secara online,” ujar Eko.

Sedangkan untuk siswa kelas X dan XI, pembelajaran dilaksanakan dengan sistem daring/online sampai 22 April 2020.

Eko mengatakan, kegiatan penilaian harian, tugas-tugas, dan penilaian lainnya juga dilaksanakan dengan sistem daring dan terdokumentasi dengan baik.

“Pembagian rapor pada 19 Juni mendatang, untuk teknisnya masih menunggu edaran selanjutnya disesuaikan dengan kondisi wabah corona. Kita doakan bersama semoga wabah ini segera berlalu dan semua bisa beraktivitas normal lagi seperti biasa, ” tutur Eko.

Sementara itu, Kepala SD Al Kautsar, Yus Indra mengatakan kegiatan belajar dari rumah untuk siswa SD berlangsung hingga 12 April nanti.

“Untuk nilai rapor diambil dari ulangan harian, tugas-tugas, dan sikap siswa selama sekolah, ” ujarnya. ()

Foto :
Salah satu guru Perguruan Al Kautsar sedang memeriksa tugas siswa melalui sistem daring

Print Friendly, PDF & Email