Pendaftaran TK dan SD Al Kautsar mulai dibuka sejak Sabtu (8/2/2020) hingga Selasa (3/3/2020).

Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran TK dan SD Al Kautsar dilakukan secara online di pmb.alkautsarlampung.sch.id:8084

“Pendaftaran dapat dilakukan dimana saja, tapi untuk pemberkasan dan wawancara orangtua wajib datang ke sekretariat pendaftaran di belakang kantor yayasan Al Kautsar,” ujar Ketua penerimaan murid baru (PMB) Al Kautsar, Rizal Effendi, Selasa (11/2/2020).

Di lokasi pendaftaran terlihat beberapa orangtua calon siswa yang sedang membuat akun pendaftaran online. Setelah membuat akun, pendaftar mengisi formulir, membayar biaya pendaftaran, melakukan pemberkasan, dan dilanjutkan dengan wawancara.

“Total pendaftaran hingga pagi ini, untuk TK sebanyak 26 orang, dan SD 58 orang, pendaftaran masih panjang hingga 3 Maret nanti, ” ujar Rizal.

Menurut Rizal, penerimaan siswa baru jenjang TK dan SD tidak menggunakan tes tertulis. Penerimaan siswa baru disesuaikan dengan usia dan pemenuhan kuota yang tersedia.

Ini sesuai dengan intruksi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memenuhi hak anak mendapatkan akses pendidikan terbaik.

“Minimal usia calon siswa SD per 1 Juli 2020 sudah 6 tahun,” ujarnya.

Untuk tahun ini kuota SD Al Kautsar 224 siswa untuk 8 rombongan belajar, sedangkan kuota TK A 54 siswa, TK B 77 siswa, dan Daycare 20 siswa.

“Orangtua dapat segera mendaftarkan anak mereka ke sekretariat PMB Al Kautsar, ” imbau Rizal. ()