Sebanyak 281 siswa SMP Al Kautsar mengikuti Latihan Ujian Nasional (LUN) I yang digelar serentak di Kota Bandar Lampung.

LUN dilaksanakan selama empat hari mulai Senin-Kamis (17-20/2/2020), di sekolah setempat.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan mata pelajaran yang diujikan di LUN I adalah matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. LUN dilaksanakan siang hari pukul 13.00-15.00, paginya siswa tetap belajar seperti biasa.

“Soal-soal LUN ini dibuat oleh guru-guru mata pelajaran sesuai kesepakatan dalam musyawarah MKKS SMP Kota Bandar Lampung, ” ujar Rudiyanto, kemarin (18/2/2020).

Menurut dia, LUN tahap I ini bertujuan untuk memetakan kemampuan siswa. Selanjutnya, hasil LUN I nanti akan digunakan sebagai bahan pembinaan individu siswa untuk mata pelajaran yang belum mereka kuasai dengan baik.

“Setelah pembinaan ini nanti akan ada LUN II pada 17 Maret nanti. Ini untuk menguji lagi kemampuan siswa yang sudah mendapat pembinaan di sekolah, ” ujarnya.

Rudiyanto berharap dengan mengikuti LUN ini siswa mendapatkan gambaran tentang kisi-kisi soal yang akan diujikan di UN nanti. Selain itu, siswa menjadi memahami kemampuan dan kelemahan mereka masing-masing.

“Dengan mengetahui kemampuan diri mereka sendiri, kami berharap, siswa semakin termotivasi dan rajin lagi belajar meningkatkan kemampuan mereka, ” katanya.

Menurut Rudiyanto, LUN dilaksanakan secara paper based, sedangkan simulasi UN berbasis komputer dilaksanakan terpisah pada 2-4 Maret 2020.

“Untuk simulasi UNBK hanya dilakukan bagi dua mata pelajaran yaitu matematika dan bahasa Inggris,” tuturnya. ()