Di puncak Milad ke-28, Perguruan Al Kautsar Bandar Lampung mencanangkan Al Kautsar Go Green dengan membagikan 5.000 tumbler (botol minum) kepada siswa, guru, dan karyawan untuk mengurangi sampah plastik di sekolah.

Secara simbolis, Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso membagikan tumbler kepada kepala sekolah dan siswa dalam upacara Milad, Kamis (16/1/2020), di lapangan Al Kautsar.

“Kami ikut mendukung Program Go Green yang digalakkan pemerintah. Semoga langkah kecil ini dapat membantu mengurangi pemanasan global,” ujar Wagiso, ditemui usai upacara Milad.

Pihak Al Kautsar akan menyediakan air minum galon di setiap kelas, dan setiap ruangan sehingga guru, siswa, dan karyawan bisa mengisi tumbler dari air galon tersebut.

Pihaknya, juga sudah mengumumkan kepada pedagang di kantin Al Kautsar untuk tidak menjual air minuman gelas dan botol demi mendukung program ini.

“Program ini harus didukung dan dilaksanakan oleh semua, termasuk para pedagang di kantin sudah kami umumkan untuk tidak menjual air minuman gelas dan botol plastik, ” tuturnya.

Secara tata ruang, lingkungan kampus Al Kautsar juga memperhatikan ketersediaan ruang terbuka hijau dan air tanah. Al Kautsar memiliki area outbond, lapangan hijau, kolam ikan, dan taman-taman yang ditumbuhi pepohonan.

Selain terobosan Al Kautsar Go Green, Wagiso juga memaparkan tentang peningkatan prestasi dan pembangunan di Perguruan Al Kautsar. Setiap unit mulai dari SD, SMP, dan SMA bisa mempertahankan prestasi di tingkat nasional.

Indikator lain peningakatan prwstasi Al Kautsar adalah meningkatnya jumlah lulusan SMA yang diterima di perguruan tinggi negeri dan sekolah kedinasan, yaitu mencapai 82,83%.

Terkait kinerja yayasan, ujar Wagiso, dalam dua tahun ini sudah menyelesaikan pembangunan Masjid Kampus Al Kautsar. Dan ke depan diharapkan dapat menyelesaikan pembangunan Kampus Boarding Al Kautsar di lokasi Sabahbalau, Lampung Selatan.

“Tahun ini sudah kami anggarkan untuk pembangunan fisik Kampus II Al Kautsar, semoga tahun ajaran 2021 nanti sudah bisa beroperasional, ” katanya.

Sementara itu, Pembina Yayasan Al Kautsar, Hi. Mawardi A.S mengapresiasi perkembangan Al Kautsar hingga menjadi sekolah yang unggul dan besar seperti saat ini.

Namun, dia mengingatkan agar Al Kautsar terus meningkatkan manfaat terhadap masyarakat luas.

“Sekolah yang besar itu adalah sekolah yang memiliki manfaat yang besar kepada masyarakat, untuk itu jangan pernah lupakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan sehingga Al Kautsar ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, ” ujar Mawardi. ()

Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso bersama kepala unit dan siswa memegang tumbler sebagai simbol Al Kautsar Go Green dengan mengurangi sampah plastik,  Kamis (16/1/2020).