Tim SMP Al Kautsar berhasil meraih juara 1 Lomba Mading dan Lomba Kaligrafi yang digelar Pondok Pesantren Tahfiz Miftahul Jannah, Rajabasa, Bandar Lampung, Sabtu (26/10/2019).

Ajang lomba mading dan kaligrafi ini dihelat dalam rangka launching Kampung Bahasa Arab di lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Jannah.

Guru pendamping lomba, Fatoni Latif mengatakan, tim mading yang berhasil meraih juara 1 terdiri dari Shalna Audina Putri Sabrina, Ghina Ramadhini Irawan, dan Qonita Najiyah.

Sedangkan, juara 1 Kaligrafi diraih oleh Widagdo.

“Kebetulan semua siswa ini anggota ekskul KIR, dan latihan membuat mading merupakan salah satu agenda di ekskul KIR ini, ” tuturnya.

Menurut Fatoni, tim mading membuat konten sesuai tema yang telah ditetapkan panitia yaitu Sejuta Inspirasi Untuk Negeri Melalui Bahasa Arab.

“Isi madingnya bisa berupa iptek, puisi, cerpen, profil tokoh/ilmuwan, berita aktual, tips, karikatur, pojok dan lainnya, ” ujar Fatoni.

Semua peserta mading hanya membawa artikel dan kerangka dasar mading. Selanjutnya panitia memberikan waktu sekitar 120 menit membuat mading.

Fatoni mengatakan, tim juri menilai kreativitas, kesesuaian isi dengan tema, tata bahasa, dan kerapian serta keindahan mading.

“Alhamdulillah, tim Al Kautsar mendapat apresiasi yang baik dari juri dan berhasil meraih juara 1,” kata Fatoni.

Untuk lomba Kaligrafi, lanjut Fatoni, peserta membuat kaligrafi surah Yusuf (12:2). Peserta juga diberi waktu 120 menit untuk menulis kaligrafi.

Hal yang dinilai diantaranya kebenaran tulisan, kreativitas, komposisi warna, serta kerapian, keindahan dan kebersihan. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *