SMP Al Kautsar menggelar Perkemahan Jumat-Sabtu-Minggu (Perjusami), 18-20/10/2019, untuk melatih keterampilan kepanduan para pengurus ekskul.

Perkemahan yang dilaksanakan di area outbond Yayasan Al Kautsar ini diikuti oleh 35 siswa kelas 7, dan 22 siswa kelas 8.

Pembina Pramuka SMP Al Kautsar, Kismanto menjelaskan, dalam kegiatan kemah selama tiga hari tersebut, peserta mengikuti materi yang disampaikan oleh Racana Unila Tri Herlina dan Husnani Hidayatun.

Beberapa materi kepramukaan yang disampaikan diantaranya Teknik Pendirian Tenda, lalu Sejarah, Lambang dan Struktur Kepramukaan.

Di hari berikutnya dilanjutkan dengan materi Senam Pramuka,
Tali Temali dan Praktek Membuat Satu Bangunan Pionering.

Serta, di hari terakhir peserta mendapatkan materi tentang
Peraturan Baris Berbaris.

“Usai pemberian materi dilanjutkan dengan praktek untuk mengasah keterampilan dan kemampuan siswa di bidang kepanduan, ” ujar Kismanto.

Kegiatan Perjusami juga dimeriahkan dengan lomba memasak, serta kegiatan api unggun.

Dalam kegiatan api unggun yang dilaksanakan pada Sabtu malam, Kepala SMP Al Kautsar selaku Wakamabigusri, Rudiyanto, M. P memberikan pengarahan kepada para peserta.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasah kekompakan, melatihan kedisiplinan, serta membangun jiwa kepemimpinan kepada seluruh pengurus ekskul SMP Al Kautsar.

“Setelah mengikuti perjusami ini bapak harapkan kalian semakin mudah dalam berkomunikasi dan bekerjasama sehingga semua program-program ekskul SMP Al Kautsar dapat berjalan dengan baik, bahkan kalau bisa meraih prestasi dan kualitas kegiatan meningkat, ” ujar Rudiyanto.

Rudi juga berharap, melalui pelatihan selama tiga hari tersebut, keterampilan dan bakat kepramukaan para siswa semakin meningkat sehingga dapat meraih prestasi di bidang pramuka.

“Kalian harus menjadi contoh dan teladan bagi siswa-siswa yang lainnya. Jadi, tingkatkan semangat untuk terus berprestasi,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diumumkan pemenang lomba memasak yang diraih oleh Regu Bougenvil, Regu Asoka dan Regu Melati. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *