Masjid Kampus Al Kautsar menggelar program kajian rutin bagi orang tua siswa dan wali murid.

Kajian rutin berupa Fiqih Wanita setiap Selasa mulai pukul 08.30-10.00, dan Tahsin setiap Kamis dengan jam yang sama.

“Sasaran utama peserta kajian adalah ibu-ibu yang menunggu anaknya di sekolah, tapi tidak menutup kemungkinan kajian ini juga diikuti oleh masyarakat umum, dan keluarga wali murid. Ini kami laksanakan secara gratis, ” ujar Kabid Pendidikan Yayasan Al Kautsar,  Rizal Efendi saat membuka kajian perdana di Masjid Kampus Al Kautsar, Selasa (3/9/2019).

Pemateri kajian rutin adalah  Dr. KH,  Arpandi, LC., yang juga Ketua Takmir Masjid Kampus Al Kautsar dan Kasi Pendidikan Agama Yayasan Al Kautsar.

Mengawali kajian, Arpandi menjelaskan keutamaan mengikuti pengajian di masjid. Yaitu mendapat doa keberkahan dari Rasulullah SAW, mendapat ketenangan, keberkahan dan rahmat oleh Allah, dinaungi oleh malaikat.

“Dan,  Allah akan menyebutkan nama-nama yang hadir hari ini di depan para Malaikat-Nya,” ujar Sarjana Tafsir Hadist Universitas Malik Saud, Arab Saudi ini.

Selanjutnya, Arpandi menjelaskan tentang ilmu fiqih. Menurut dia,  fiqih secara bahasa artinya memahami atau pemahaman. Secara terminologi, fiqih adalah ilmu yang menpelajari tentang hukum-hukum agama,  seperti wajib,  sunnah,  makhruf,  mubah,  haram,  serta cara melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

“Misalnya bagaimana cara thaharah (bersuci), bagaimana hukum thaharah,  nah ini dibahas dalan ilmu fiqih, ” tutur Doktor Lulusan University of Malaya,  Kuala Lumpur,  Malaysia ini.

Selain itu, lanjutnya, ada fiqih menikah,  talak,  rujuk,  waris,  ziarah kubur,  baca alquran,  dan lain sebagainya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *