Siswa SMP Al Kautsar mengikuti penyuluhan tentang kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh tenaga medis dari Puskesmas Rajabasa Indah,  Kamis (8/8/2019).

Penyuluhan Kespro ini sekaligus sosialisasi ABAT (Aku Bangga Aku Tahu), penjaringan kesehatan gigi,  dan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri.

Kepala SMP Al Kautsar, Rudiyanto mengatakan penyuluhan kespro ini sangat penting bagi siswa yang berada pada usia remaja.

“Dengan memahami perubahan fisik dan psikologis di masa remaja diharapkan siswa mengenali diri mereka sehingga tidak mudah terjebak pada hal-hal yang negatif, ” ujar Rudi.

Tim medis dari Puskesmas Rajabasa Indah terdiri dari Drg. Emelda Tiara Putri :
Regina Maya Sari,  Amd,  KG :
Imronah,  SSiT. M. Kes :
Rahayu Diah,  SSiT :
Toni Kurniawan,  Amd,  KL : dan Vera Susanti,  SK.M.

Rahayu Diah memaparkan rentang usia remaja adalah 10-19 tahun. Pada wanita,  masa remaja diawali dengan haid, sedangkan pada pria akan mengalami mimpi basah.

“Pada usia ini bisa disebut organ reproduksi sudah matang sehingga akan terjadi beberapa perubahan pada fisik. Dan,  di usia ini juga banyak tantangan yang harus dihadapi dengan baik oleh remaja, ” ujar Diah.

Sebab,  lanjutnya,  rasa ingin tahu remaja sangat besar,  dan sangat rentan untuk mencoba sesuatu hal yang baru.

“Banyak remaja yang coba-coba,  ikut-ikutan teman merokok, akhirnya jadi kecanduan. Untuk itu,  sangat penting diketahui oleh remaja tentang bahaya merokok, yang juga dapat menjerumuskan ke narkoba dan pergaulan bebas,” ujarnya.

Selain penyuluhan Kespro,  tim medis Puskesmas Rajabasa Indah juga melakukan pemeriksaan gigi dan menjelaskan tentang cara merawat gigi.

Drg. Emelda Tiara Putri mengingatkan siswa untuk rutin menyikat gigi pagi sehabis makan dan malam sebelum tidur dapat menjaga gigi bersih dan sehat.

“Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dapat memcegah sakit gigi dan gigi berlubang, ” ujarnya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *