SD Al Kautsar menggelar pawai kembang telur dan pengajian menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram,  Jumat (30/8/2019).

Kepala SD Al Kautsar,  Yus Indra mengatakan, Tahun Baru Islam 1 Muharram jatuh pada Minggu (1/9/2019). Untuk itu,  hari ini, seluruh siswa dan guru SD Al Kautsar melakukan pawai kembang telur dan pengajian menyambut Tahun Baru Islam.

Menurut Yus Indra,  kegiatan ini untuk menanamkan tentang tahun baru Islam yang harus disambut dengan meriah oleh umat Islam.

“Jadi,  siswa tidak hanya tahu tahun baru masehi,  tapi juga mengetahui tahun baru Islam, ” ujar Yus Indra.

Sebanyak  1.600 siswa SD Al Kautsar membawa kembang telur dan berkeliling ke unit dan kantor yayasan mensyiarkan penyambutan tahun baru Islam.

Ketua panitia,  Tri Sunah mengatakan telur-telur yang dibawa saat pawai akan dikumpulkan dan dibagikan ke panti asuhan.

“Melalui peringatan Tahun Baru Islam. Ini,  kita juga ingin mengajarkan siswa untuk berbagi dengan sesama, ” tuturnya.

Usai pawai, seluruh siswa berkumpul di Majid. Salah satu guru SD Kautsar Amiruddin Muslih memandu siswa melantunkan salawat kepada Rasulullah SAW.

Setelah itu dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustazah Siti Rowiyah dari Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Tanggamus.

Siti Rowiyah menjelaskan apa itu bulan Muharram,  dan hal-hal yang disunahkan pada bulan Muharram.

“Bulan Muharram ini merupakan bulan pertama dalam  penanggalan hijriyah, di bulan ini diharamkan melakukan peperangan dan pertumpahan darah,” ujarnya.

Beberapa amalan yang disunahkan untuk dilaksanakan pada bulan Muharram, ujar Siti Rowiyah, yaitu melaksanakan puasa pada 9-10 Muharram,  bersedekah dan berbuat baik,  serta meningkatkan kualitas makanan dan pakaian.

“Jadi,  kita disunahkan untuk merayakan tahun baru Islam ini,  misalnya pakai pakaian yang bagus,  bikin makanan yang enak-enak,  mirip saat kita merayakan Idul Fitri, ” tuturnya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *