Sebanyak 388 siswa baru (kelas X) SMA Al Kautsar mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari,  Senin – Rabu (15-17/7/2019).

Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair membuka kegiatan MPLS sekaligus membuka kegiatan Orientasi Disiplin Siswa (ODS)  yang diikuti 341 siswa kelas XI, serta Orientasi Prestasi Siswa (OPS) yang diikuti oleh 337 siswa kelas XII.

“Hari ini ada tiga kegiatan yang dilakukan sekaligus,  yaitu pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru,  peningkatan kedisiplinan bagi siswa kelas XI, dan orientasi prestasi bagi siswa kelas XII, ” ujar Eko.

Dia menjelaskan kegiatan MPLS bertujuan mengenalkan sistem pendidikan,  kurikulum, serta tata tertib sekolah Al Kautsar.

Siswa baru juga dikenalkan dengan ke Al Kautsaran,  etika pergaulan,  wawasan wiyata mandala,  serta pengenalan organisasi sekolah.

“Semua siswa juga mengikuti tes penjurusan, ” tutur Eko.

Selama kegiatan MPLS,  siswa baru juga mengenal pimpinan,  guru,  karyawan,  serta kakak tingkat di sekolah.

Sementara itu, Ketua Panitia ODS,  Dewi Wijayati menjelaskan kegiatan ODS bertujuan meningkatkan kedisiplinan siswa. Beberapa materi yang diberikan diantaranya PBB, disiplin sekolah,  wawasan kebangsaan,  serta lintas medan.

Kegiatan ini bekerjasama dengan aparat TNI angkatan laut. Aparat TNI melatih siswa kegiatan PBB serta mendampingi pelaksanaan lintas medan.

“Kegiatan lintas medan dilaksana pada hari terakhir,  siswa melintasi medan dari Al Kautsar ke arah Bataranila,  di pos terakhir dilakukan kegiatan bhakti sosial, ” ujar Dewi.

Sedangkan kegiatan OPS bertujuan memberikan motivasi dan gambaran tentang sistem perkuliahan di perguruan tinggi.

Di hari pertama,  panitia mengundang pemateri dari Universitas Lampung yang menjelaskan tentang jalur-jalur masuk ke Unila,  yaitu SBMPTN,  SNMPTN,  dan jalur mandiri.

“Kami harapkan,  siswa mendapatkan gambaran tentang jurusan dan kampus yang diinginkan nanti,” kata Ketua Panitia OPS Yusuf.

Beberapa materi yang disampaikan di OPS adalah wawasan PTN,  motivasi belajar dan akhlak harian,  disiplin belajar dan manajemen waktu,  strategi belajar,  leadeship,  kiat sukses, dan jejak orang sukses. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *