Sebanyak 287 siswa baru kelas VII SMP Al Kautsar mengikuti Pesantren Kilat (Sanlat) yang digelar selama dua hari,  13-14 Juli 2019 , di sekolah setempat.

Kepala SMP Al Kautsar,  Rudiyanto menjelaskan program Sanlat tahun ajaran baru 2009/2010 ini merupakan program rutin tahunan SMP Al Kautsar.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan para siswa tentang ajaran agama Islam,” ujar Rudi.

Hal ini mengacu kepada visi Peguruan Al Kautsar yang ingin mencetaj generasi unggul,  islami,  dan global. Melalui rancangan kurikulum dan materi Sanlat,  diharapkan siswa-siswa Al Kautsar kelak menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Ini tentunya juga sesuai dengan amanah dan harapan orang tua yang sudah menitipkan dan mempercayakan pendidikan anak mereka kepada Al Kautsar, ” kata Rudi.

Sementara itu,  Ketua Panitia Sanlat,  Fatoni Latih menjelaskan beberapa materi yang disampaikan dalam Sanlat adalah Keimanan, Sholat, Tahsin, Do’a belajar, Dzikir dan Do’a, Doa dhuha’, Akhlaq, Adab di Masjid, Toharoh.

“Kami bekerjasama dengan ustad dan ustazah untuk menjadi tutor dan pemateri selama Sanlat. Selain mendapatkan materi,  siswa juga melakukan praktik thoharoh dan shalat, “ujar Toni.

Peserta Sanlat juga wajib mengikuti semua kegiatan,  minimal 75% dari seluruh materi Sanlat.

Selama pelaksanaan Sanlat, peserta wajib menjaga sikap, mematuhi tata tertib yang berlaku dan mematuhi instruksi/perintah dari bapak/ibu tutor, PJ kelas dan panitia.

“Pesan khusus kami untuk para siswa, terapkan semua ilmu yang diperoleh selama pelaksanaan Sanlat sehingga ibadah menjadi lebih baik,  sikap dan akhlak juga semakin baik,” tutur Toni.

Menurut Toni, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus Sanlat,  maka wajib mengulang di tahun depan.

para santri dinyatakan tidak lulus oleh panitia, maka santri tersebut diwajibkan untuk mengulang di tahun berikutnya. ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *