Empat siswa SMA Al Kautsar berhasil masuk 10 besar nilai tertinggi UNBK Tingkat Kota Bandar Lampung. Keempat siswa tersebut dua dari jurusan IPS,  dan dua dari jurusan IPA.

Untuk jurusan IPS yaitu Mutiara Nabilah dengan total nilai UNBK 354 berada di posisi 3 besar Kota Bandar Lampung dan posisi 4 Tingkat Provinsi Lampung. Lalu,  Aditya Abigail dengan total nilai 339 berada di posisi 10 Tingkat Kota Bandar Lampung.

Untuk jurusan IPA atas nama Sema Giga Ramadan dengan nilai 383 berada di posisi 9 Tingkat Kota Bandar Lampung,  dan Nirina Athirah Thifal dengan nilai 382,5 berada di posisi 10.

“Siswa yang nilai UNBK-nya masuk 10 besar tingkat Kota Bandar Lampung akan mendapat hadiah laptop dari yayasan Al Kautsar. Nanti saat upacara perdana siswa-siswa baru, hadiah ini akan diberikan di depan seluruh siswa. Ini sebagai motivasi bagi siswa-siswa baru, ” kata Kepala SMA Al Kautsar,  Eko Anzair,  Selasa (14/5/2019).

Menurut Eko,  tidak hanya nilai per individu siswa yang meraih posisi atas,  nilai rata-rata UNBK SMA Al Kautsar baik untuk jurusan IPA maupun IPS juga berada diposisi ke-2 Tingkat Kota Bandar Lampung.

“Alhamdulillah untuk nilai rata-rata UN sekolah kita juga berada di urutan ke-2 Tingkat Kota Bandar Lampung, “tuturnya.

Pengumuman UN secara serentak dilaksanakan Senin (13/5/2019). Pihak SMA Al Kautsar menggelar pengumuman di Majid Kampus Al Kautsar dilingkungan sekolah setempat. Sebanyak 367 siswa kelas XII menerima lembar pengumuman kelulusan usai mendengarkan motivasi dari Ketua Yayasan Al Kautsar dan Kepala Sekolah.

Ketua Yayasan Al Kautsar,  Wagiso mengingatkan bagi seluruh lulusan untuk tetap menjaga akhlatulkarimah dimanapun berada.

“Hasil penelitian menyatakan kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan oleh IQ nya atau nilai akademiknya,  tapi yang paling menentukan adalah akhlaknya yaitu sikap jujur. Ini menunjukkan pentingnya pendidikan karakter di sekolah. Nah,  bapak harapkan kalian pertahankan sikap-sikap dan karakter baik yang telah kalian dapatkan selama di Al Kautsar. Semoga nanti kalian semua menjadi orang-orang yang sukses dunia dan akhirat, ” ujar Wagiso.

Kelulusan 100% UNBK di SMA Al Kautsar dirayakan dengan sujud syukur oleh seluruh siswa. Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair juga berpesan agar siswa yang lulus tidak melakukan kegiatan hura-hura,  coret-coret baju,  ataupun konvoi sepeda motor.

“Coret-coret baju itu bukan budaya yang baik,  sebaiknya baju-baju kalian yang masih bagus disumbangkan kepada yang membutuhkan,” tuturnya.

Usai pengumuman,  lulusan SMA Al Kautsar langsung mendapatkan Surat Keterang Lulus dan rapor. Berkas tersebut dapat digunakan untuk mendaftar ulang bagi yang sudah diterima di PTN melalui SNMPTN dan SPAN-PTKIN. Serta,  dapat juga digunakan sebagai syarat mengikuti SBMPTN nanti.

“Untuk ijazah kelulusan yang asli masih menunggu dari Dinas Pendidikan Provinsi,  biasanya nanti di bulan Juli baru keluar, ” kata Eko Anzair.  ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *