Sebanyak 63 siswa SMA Al Kautsar dinyatakan lolos jalur SNMPTN atau jalur non tes. Mereka tersebar di berbagai fakultas di PTN Favorit di Indonesia, diantaranya universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Andalas (Unand),

Juga ada yang diterima di Universitas Syiah Kuala (Unsyah), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Brawijaya (Unibraw) , Institut Tekhnologi Sumatera (Itera), dan Universitas Lampung (Unila).

“Tahun ini ada 63 siswa yang lolos jalur SNMPTN. Kami targetkan dari total siswa kelas XII SMA Al Kautsar yang berjumlah 367 orang, 75% masuk ke PTN baik lewat jalur non tes, maupun jalur tes SBMPTN nanti, ” ujar Eko Anzair, kemarin (31/03/2019).

Saat ini, pihak sekolah masih menunggu pengumuman kelulusan untuk jalur diploma, ikatan kedinasan, dan perguruan tinggi Islam.

Sementara itu, guru bimbingan dan konseling SMA Al Kautsar, Heridini Harianti memaparkan untuk membimbinh siswa memilih jurusan dan kampus lewat jalur SNMPTN, pihaknya memperhatikan nilai akademik siswa, minat, bakat, serta grade di perguruan tinggi yang dituju.

“Juga penting untuk memperhatikan jangan sampai pilihan siswa menumpuk di jurusan dan PT yang sama, kami usahakan pilihan kampusnya menyebar sehingga peluang diterima lebih besar, ” ujar Heridini.

Bimbingan minat, bakat dan potensi siswa sendiri sudah dilakukan sejak awal masuk kelas X dengan melakukan psikotes bagi semua siswa baru.

Nilai akademik siswa juga menjadi salah satu alat ukur untuk melihat minat dan bakat siswa. Untuk itu, lanjut Heridini, pihaknya juga mengumpulkan dan merekap nilai belajar mulai semester 1 hingga semester 5.

“Kami membantu siswa untuk memahami kemampuan, minat, termasuk memberikan bimbingan karir kepada siswa, ” tuturnya. ()

Foto. Kepala SMA Al Kautsar,  Eko Anzair mengumumkan jumlah siswa yang lulus di jalur non tes SNMPTN,  pada penutupan P2UN,  Jumat (29/83/2019).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *