Baru empat hari membuka Penerimaan Murid Baru (PMB)  jalur kelas unggul SMP dan SMA Al Kautsar, pendaftar sudah mencapai ratusan orang.

PMB online Al Kautsar yang dibuka sejak Senin (18/02/2019), hingga kemarin (21/02/2019) sudah lebih dari seratus orang. Persaingan masuk lewat jalur kelas unggul  SMP dan SMA Al Kautsar akan berlangsung cukup ketat,  pasalnya kuota yang dibutuhkan hanya 1 kelas atau 32 orang.

Ketua Panitia PMB Al Kautsar,  Rizal Effendi mengatakan, kuota untuk kelas unggul baik SMP maupun SMA masing-masing hanya 1 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang.

“Pendaftaran masih panjang sampai 1 Maret mendatang,  kami memberi kesempatan kepada  para siswa yang memenuhi syarat dan memiliki prestasi untuk bersaing di jalur ini, ” tutur Rizal,  kemarin.

Dia memaparkan keutamaan kelas unggul yaitu memberikan banyak beasiswa dan keringanan biaya bagi para siswa berprestasi.

Menurut Rizal,  selain syarat nilai rata-rata enam mata pelajaran tidak boleh kurang dari 8.00, peserta juga wajib mengikuti seleksi tertulis pada tanggal 3 Maret 2019, pukul 7.30 hingga selesai. Pada hari yang sama,  peserta juga harus mengikuti wawancara tentang minat, bakat,  dan potensi.

“Nah,  dari hasil tes itu nanti,  bagi calon siswa yang mendapat nilai tertinggi 1-5 akan dibebaskan dari SPP 100%, ditambah lagi bagi peringkat 1-3 bebas uang pangkal 50%, sedangkan 4-6 bebas uang pangkal 25%, “tuturnya.

Beasiswa lewat jalur unggul tersebut diberikan bervariasi hingga peringkat ke-20.

Selain itu kelas unggul memiliki program outdoor study pada lembaga pemerintahan/swasta baik dalam maupun luar kota. “Siswa kelas unggul nantinya juga akan mendapat pelatihan dan penajaman mata pelajaran dan bimbingan olimpiade sains, ” kata Rizal.

Dia kembali menyampaikan teknis pendaftaran onlinr Al Kautsar yang dapat diakses di situs pmb.alkautsarlampung.sch.id:8084 dengan verifikasi memasukkan nomor Hp pendaftar. Otimatis akan keluar nomor pembayaran administrasi pendaftaran untuk untuk TK Rp 100 ribu,  sedangkan SD, SMO,  dan SMA sebesar Rp 200 ribu.

“Setelah biaya administrasi dibayar melalui bank,  maka akan keluar nomor pendaftaran beserta formulir orangtua dan siswa yang harus diisi, ” ujarnya.

Setelah pengisian formulir,  pendaftar dapat menghubungi panitia untuk melakukan wawancara orangtua terkait kemampuan pembiayaan biaya operasional pendidikan.  ()

FOTO : Suasana PMB Online di Al Kautsar pada hari keempat,  Kamis (21/02/2019).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *