Pendaftaran kelas unggul SMP dan SMA Al Kautsar mulai dibuka Senin (18/02/2019). Berbeda dengan tahun lalu,  Pendaftaran Murid Baru (PMB)  Al Kautsar tahun ini dilaksanakan secara online.

Ketua Panitia PMB Al Kautsar,  Rizal Effendi mengatakan,  pendaftaran online ini bertujuan memudahkan masyarakat mendaftarkan anaknya ke sekolah Al Kautsar,  baik untuk jenjang TK,  SD,  SMP dan SMA.

“Pendaftaran online TK dan SD sudah mulai dibuka Sabtu (16/02/2019), sedang pendaftaran kelas unggul SMP dan SMA mulai dibuka hari ini sampai tanggal 1 Maret mendatang,” kata Rizal saat ditemui di kantor yayasan Al Kautsar,  kemarin.

Dia memaparkan melalui sistem pendaftaran online ini,  masyarakat bisa mendaftar darimana saja,  bisa dari rumah,  dari kantor, bahkan yang tinggal di luar kota bisa mendaftarkan anaknya secara online tanpa harus ke Al Kautsar.

Secara teknis,  lanjut Rizal, pendaftar bisa masuk ke pendaftaran online di situs pmb.alkautsarlampung.sch.id:8084 , kemudian melakukan verifikasi dengan memasukkan nomor Hp pendaftar.

“Setelah itu akan muncul nomor pembayaran administrasi pendaftaran,  setelah dibayarkan ke bank,  maka akan keluar nomor pendaftaran, ” tuturnya.

Secara otomatis juga akan muncul tampilan formulir yang dapat diisi oleh pendaftar,  seperti kartu keluarga,  nilai rapor siswa,  keterangan penghasilan orangtua, dan lainnya.

“Setelah mendaftar secara online,  orangtua pendaftar  bisa menghubungi panitia untuk jadwal wawancara orangtua, nah saat wawancara ini semua berkas harus dibawa, ” ujarnya.

Kemarin pagi,  puluhan pendaftar mengantri di belakang kantor Yayasan Al Kautsar. Pihak panitia PMB menyediakan 5 komputer untuk pendaftaran online yang dilakukan di tempat.

Usai mendaftar,  para orangtua bisa langsung mengikuti sesi wawancara.

Menurut Rizal,  wawancara tersebut seputar penghasilan dan kemampuan orangtua dalam pembiayaan biaya penyelenggaraan pendidikan.

Salah satu pendaftar kelas unggul,  Saputra Dewa,  siswa SMPN 1 Gedung Surian,  Lampung Barat melakukan pendaftaran di tempat.

Dia datang ke Sekolah Al Kautsar didampingi orangtuanya. “Tadi langsung daftar online disini dibantu panitia juga, masukin data orangtua dan data siswa, ” ujarnya.

Data siswa berupa nilai rata-rata semester I kelas VIII dan IX, serta piagam prestasi yang pernah diraih.

“Syaratnya nilai rata-rata mata pelajaran PAI, IPA, IPS, Matematika,  Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris tidak boleh dibawah 8,00. Alhamdulillah, saya nilai rata-rata untuk mata pelajar itu diatas 8,00 semua, ” kata Dewa.

Menurut Dewa,  pilihannya mendaftar ke Al Kautsar karena sudah mengetahui track record Al Kautsar yang tidak hanya unggul di bidang prestasi akademik,  tapi juga di bidang agama.

“Disini, disamping pendidikannya bagus,  nilai agama dijunjung tinggi, lulusannya juga banyak yang sukses, ” kata Dewa.

Selain informasi dari internet, Dewa juga memiliki kakak tingkat yang duduk di kelas III SMA Al Kautsar.

“Disini juga ada kakak kelas saya dulu,  sekarang masih kelas III di SMA Al Kautsar ini, saya banyak dapat informasi tentang keunggulan Al Kautsar dari dia, ” ujar Dewa.  ()

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *