Tim SMA Al Kautsar berhasil meraih Juara Umum Competitive Programing Competition yang digelar Himpunan Mahasiswa Komputer Universitas Lampung  (Himakom-Unila), pada Sabtu-Minggu (3-4/11/2018), di kampus setempat.

Guru Pembina Olimpide Komputer, Guntur mengatakan Dwiki Kurniawan dari kelas XII IPA7 berhasil meraih juara I, dan Afif Syaifullah Fattah dari kelas XI IPA1 meraih juara II, sedangkan Nafis belum berhasil meraih juara. “Sebenarnya Nafis ini nilainya sama dengan yang juara III, tapi kalah cepat dalam merampungkan pembuatan program,” ujar Guntur, kemarin (6/11/2018).

Menurut Guntur, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Himakom Unila, dalam rangka Pekan Raya Jurusan Ilmu Komputer ke-6. “Kami sangat bersyukur, siswa Al Kautsar berhasil meraih juara umum di ajang ini,“ katanya.

Menurut dia, tahapan lomba ini diawali dengan seleksi tertulis berupa 50 soal materi olimpiade komputer. Dari seleksi ini tertulis ini,  dipilih 5 besar untuk masuk ke babak semi final dan peserta ditantang membuat program menggunakan C++. Selanjutnya dipilih 3 pemenang untuk maju ke babak  final membuat program dengan petimbangan waktu tercepat.

“Tim Dwiki dan Afif berhasil membuat program dengan waktu tercepat, dan berhasil meraih juara umum,” kata Guntur. Persiapan yang dilakukan cukup singkat yaitu tiga hari sebelum lomba. “Latihan dilakukan dari pagi hingga sore di ruang perpustakaan. Selama tiga hari ini, siswa mendapat disepensasi tidak masuk jam belajar,” tuturnya.

Melalui Pekan Raya Jurusan 2018 tersebut, Jurusan Ilmu Komputer ingin kembali memberikan kontribusi lebih dalam pembentukan generasi penerus yang memiliki wawasan luas, mampu bersaing sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurusan Ilmu Komputer sebagai jurusan yang berfokus kepada teknologi komputasi dan pemrograman ingin menyadarkan betapa pentingnya teknologi berbasis komputasi saat ini.

Beberapa cabang lomba yang digelar diantaranya  LCT Komputer, Networking Support Competition, Competitive Programming Competition, Photography Contest, dan Web Design Competition. Ajang tersebut diharapkan merangsang kreatifitas dan imajinasi para peserta dalam melakukan terobosan – terobosan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  ()

Dwiki Kurniawan dan Afif Syaifullah Fattah didampingi guru pembina komputer Guntur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *