Siswa SMP Al Kautsar, Rahma Nur Jannati kembali meraih juara dibidang Fisika. Kali ini, siswa yang memang hobi mata pelajaran Fisika meraih Juara Harapan I Olimpiade Fisika SMP/ sederajat Tingkat Nasional, yang digelar oleh Universitas Semarang pada 11 November lalu.

Atas prestasinya, Kepala SMP Al Kautsar, Sri Purwaningsih mengapresiasi Rahma dengan mengumumkan nama-nama siswa berprestasi usai upacara bendera, Senin (26/11/2018).

Sri Purwaningsih mengatakan bangga dengan prestasi siswa-siswa Al Kautsar yang ikut membesarkan Al Kautsar hingga ke tingkat nasional.

“Teman kalian yang beprestasi ini harus menjadi contoh dan penyemangat, memacu siswa-siswa lainnya untuk berprestasi juga, ” ujarnya.

Usai upacara bendera, Sri Purwaningsih secara simbolis memberikan piala dan piagam yang berhasil diraih pada Ajang Pekan Ilmiah Fisika XXIX Tahun 2018 tersebut.

Diwawancara usai upacara, Rahma Nur Jannati mengatakan tahap penyisihan Olimpiade Fisika tersebut sudah dilaksanakan pada akhir September lalu.

“Tahap awal seleksinya berupa tes tertulis dilaksanakan di Unila, ada 40 soal fisika pilihan ganda, ” ujar Rahma.

Selanjutnya, pada
11 Novembe, Rahma dinyatakan masuk semi final dan berlaga dengan puluhan peserta lain di UNNES, Semarang.

“Di babak ini, peserta mengerjakan 7 soal esai, tapi soalnya diberikan satu persatu. Satu soal diberikan dan dikerjakan sekitar 15-20 menit, setelah selesai kertas jawaban dikumpulkan, baru diberikan kertas soal berikutnya untuk dijawab, ” tutur Rahma.

Enam besar peserta dengan nilai tertinggi dinyatakan lolos babak final. Menurut Rahma, babak final memiliki dua tahap lomba yaitu eksperimen dan LCT.

“Penetapan juara berdasarkan akumulasi 2 kali nilai semifinal + 2 kali nilai eksperimen+ 3 kali nilai LCT kemudian dibagi 7. Alhamdulillah, saya masuk diposisi ke 4 atau Juara Harapan I,” ujar Rahma.

Atas prestasinya, Rahma mendapat piala, piagam, dan bingkisan.

Untuk persiapan menjelang lomba, lanjut Rahma, latihan dari pihak sekolah dilaksanakan intensif selama tiga hari. “Yang intensif itu tiga hari, tapi sebelumnya sudah latihan juga saat jam-jam kosong, ” katanya. ()

Kepala SMP Al Kautsar,  Sri Purwaningsih menyerahkan piala kepada Rahma Nur Jannati, usai upacara bendera,  Senin (26/11/2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *