Ratusan siswa SMA Al Kautsar mengikuti kegiatan Maulid Nabi di Plaza SMA setempat, kemarin sore (23/11/2018). Pada kegiatan rutin tahunan Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad tersebut, Ustad Suprman Abdul Karim memberikan syiar tentang empat sifat dasar Nabi Muhammad yang harus menjadi teladan bagi seluruh umat.
Peringatan Maulid Nabi ini dihadiri oleh Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso, Sekretaris Yayasan Mariana, Kabid Pendidikan Yayasan Rizal Efendi, para kepala unit, guru serta karyawan SMA Al Kautsar.
Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair memberikan sambutan. Dia mengucapkan terimakasih kepada para anggota Rohis SMA Al Kautsar yang telah mempersiapkan pelaksanaan Maulid Nabi tersebut. “Saya berharap peringatan Maulid Nabi ini bukan sekedar ceremonial, tapi seluruh kita dapat menjadikan akhlak Nabi sebagai teladan,” ujar Eko.
Sementara itu, dalam tausiyahnya, Ustad Suparman menanyakan hari, tanggal dan tahun kelahiran Nabi Muhammad yang dijawab dengan lancar dan cepat oleh siswa-siswa SMA Al Kautsar. “Hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal, pada Tahun Gajah. Wah, benar semua, hebat siswa-siswa Al Kautsar ini,” ujarnya.
Ustad Suparman menjelaskan empat sifat dasar Nabi Muhammad yaitu Siddik (benar), Amanah (terpercaya), Tablig (berdakwah dengan seluruh jiwa raga), dan Fatonah (cerdas). Menurut Suparman saat ini masyarakat dihadapkan dengan zaman yang banyak generasi pintar, terpelajar, tapi belum tentu benar.
“Jadilah orang pintar yang sekaligus benar, itu namanya siddik. Kalau hanya pintar saja, tapi tidak diikuti dengan sifat benar, bisa hancur bangsa ini,” tuturnya.
Dalam meneladani sifat amanah, bagi para pelajar diantaranya dengan memegang kepercayaan yang telah diberikan oleh orangtua. “Belajar yang rajin, raih prestasi, jangan pacaran, jangan terpengaruh dengan pergaulan menyimpang, narkoba, bisa rusak jaringan otak oleh narkoba, dengan menjaga diri kalian dari semua hal itu, itu kalian sudah menerapkan sifat amanah kepada orangtua kalian,” ujarnya.
Sehari sebelumnya, SMP Al Kautsar juga melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Plaza sekolah. Pihak sekolah mengundang Ustad Beni Muhammad Antoni. Dalam tausiyahnya, Ustad Beni memaparkan tentang akhlak Rasulullah sejak kecil hingga menutup usia yang dipenuhi dengan sifat-sifat mulya yang wajib diteladani.
Guru Agama SMP Al Kautsar, Sanusi menjelaskan, tujuan peringatan Maulid Nabi ini untuk menanamkan kecintaan kepada Nabi dan meneladani sifat-sifat mulyanya. “Kegiatan ini juga untuk menanamkan akhlak mulya kepada kedua orangtua, kepada guru dan sesame teman,” kata Sanusi. ()

Caption :  Ustad Suparman Abdul Karim memberikan tausiyah bertema Nabi Muhammad Tauladan Umat memperingati Maulid Nabi di SMA Al Kautsar,  Jumat (23/11/2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *