Lima Tim Pembina Unit  Kesehatan Sekolah (UKS) Kabupaten Bolaang Mongondow,  Provinsi Sulawesi Utara melakukan studi banding ke UKS SD Al Kautsar, selama  4 hari,  10-13 Oktober 2018. Kunjungan ini  dalam rangka  meningkatkan kapasitas pelayanan  UKS Kabupaten dalam menghadapi  Penilaian Lomba Sekolah Sehat di Provinsi Sulawesi Utara. Tim UKS Sulawesi Utara ini akan menggali wawasan dan program kerja tim UKS SD Al Kautsar yang dinobatkan sebagai Pemenang I Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2017.
Lima tim yang hadir ke SD Al Kautsar adalah Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Ir. Moh. Yudha Rantung ; Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat  Setda Kabupaten Bolmong, Rukman Korompot ; Kepala Subbag Bagian Keagamaan Setda Kabupaten Bolaang, Rinto Pondabo ; Kepala Subbag Bagian Keagamaan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bolmong, Hasma Sugeha ; dan Staf Subbag Kesejahteraan Rakyat, Nentiana Bolota.
Ketua Tim UKS Bolaang Mongondow,  Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Ir Moh Yudha Rantung mengatakan pihaknya mendapatkan informasi bahwa SD Al Kautsar merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang menoreh prestasi sebagai Sekolah Sehat Nasional.
Menurut dia, timnya melakukan kunjungan ke SD Al Kautsar  untuk berbagi pengalaman tentang pembinaan serta pengelolaan UKS untuk dapat diterapkan di sekolah-sekolah di daerah mereka.
“Setelah datang ke SD Al Kautsar ini , kami benar-benar tidak salah pilih. Sekolah ini unik dan pantas memiliki prestasi yang luarbiasa,” tutur Yudha Rantung, kemarin.
Kunjungan tim Sulawesi Utara ini diterima oleh Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso,  Tim Pembina UKS Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung.
Tim UKS Sulawesi Utara mengunjungi perpustakaan sekolah,  ruang kelas, kantin, dan melihat sarana prasarana yang dimiliki oleh SD Al Kautsar sambil berbincang tentang program-program UKS yang diterapkan di SD Al Kautsar.
Ketua Yayasan Al Kautsar, Wagiso mengucapkan terimakasih atas kunjungan tim Sulawesi Utara tersebut.  Wagiso mengatakan, pihaknya  sangat mendukung program UKS  di lingkungan Al kautsar  sebab program UKS ternyata merasuk ke semua lini  kehidupan, mulai dari pendidikan kesehatan, kepedulian lingkungan dan pelayanan kesehatan.
Sedangkan, Kepala SD Al Kautsar Yus Indra mengatakan keberhasilan program UKS SD Al Kautsar tidak lepas dari kerjasama yang dijalin dengan berbagai lembaga seperti pemda, puskesma, termasuk dukungan para  orangtua serta  yang tidak kalah penting tim kerja di dalam sekolah.
Waka Kesiswaan SD Al Kautsar, Sugeng Priyono menjelaskan ada enam  program kerja unggulan UKS SD Al Kautsar yaitu bidang kerohanian, dokter cilik, polisi kebersihan, keolahragaan, seni budaya dan paartisipasi pihak ketiga. ()

Tim Pembina UKS Sulawesi Utara didampingi Ketua Yayasan Al Kautsar dan Tim Pembina UKS Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung saat berkunjung ke ruang UKS SD Al Kautsar,  Kamis (11/09/2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *