Tiga Siswa SMA Al Kautsar berhasil memboyong medali di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar di Pekanbaru, Riau, pada 5—7 Juli.  Ketiganya adalah  Faiza Nur Azelia meraih medali perak bidang Ekonomi, Azri Alfaizar medali perungggu bidang geografi, dan M hafizh Ghifari meraih medali perungggu bidang Kebumian.

Kepala SMA Al Kautsar Eko Anzair mengatakan sangat bangga dengan prestasi yang diraih siswa-siswanya.  “Alhamdulillah, tiga siswa kami berhasil meraih medali di ajang olimpiade nasional. Jika tahun lalu hanya satu siswa kami yang  berhasil menyumbang medali perunggu untuk Lampung,  di tahun ini meningkat, mampu meraih medali lebih banyak yaitu satu medali perak dan dua medali perunggu,” ujar Eko Anzair, dihubungi kemarin (8/7).
Dia menjelaskan , ada empat siswa SMA Al Kautsar yang melaju ke OSN di Riau, tapi satu siswa Tito Purwanto yang mewakili bidang Astronomi belum berhasil meraih medali. Eko mengatakan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras tim pembina dan tim OSN di SMA Al Kautsar. Untuk bidang Kebumian dibina oleh Bapak Mesiyanto,  bidang Ekonomi dibina oleh Ibu Warta Satar, dan bidang Geografi dibina oleh Ibu Yulia Putri. “Alhamdulillah, ini berkat dari kerja keras dari semua tim OSN,” ujarnya.
Sebelumnya,  empat siswa SMA Al Kautsar yang mewakili Lampung di ajang nasional tersebut mendapatkan pembinaan dari pemerintah provinsi. Selain itu, tutur Eko Anzair, pihaknya juga melakukan pembinaan secara internal. Pelatihan  intensif dilakukan oleh para guru pembina, juga dengan melibatkan para kakak kelas dan alumni  yang sebelumnya yang sudah pernah meraih medali di ajang OSN tingkat nasional. “Para siswa ini akan kami privatkan juga melalui kerjasama dengan lembaga pelatihan olimpiade di luar Lampung ,” kata Eko.
Selain prestasi di Olimpiade Sains tingkat nasional ini, salah satu siswa SMA Al Kautsar Fadly Muhammad Aulia sudah mengikuti beberapakali karantina untuk persiapan laga di  Olimpiade Sains Internasional yang akan digelar di Perancis pada 22 Agustus mendatang. Fadly Muhammad Aulia yang meraih medali perunggu di OSN Palembang tahun lalu mewakili Indonesia untuk bidang Kebumian.
 
FOTO : Tiga siswa SMA Al Kautsar yang berhasil meraih medali perak dan perunggu berfoto bersama tim OSN tingkat nasional lainnya, usai pelaksanaan OSN di Pekanbaru, Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *