Sebanyak 294 lulusan SMA Al Kautsar angkatan ke-22 dianugerahi Wiyata Paripurna Nugraha sebagai tanda kelulusan telah menyelesaikan pendidikan dengan sempurna, Sabtu (6/5), di Graha Bintang, Universitas Malahayati Lampung. Kegiatan penganugerahan ini sekaligus penglepasan kepada siswa kelas XII yang telah dinyatakan lulus.
Kepala SMA Al Kautsar, Eko Anzair menyampaikan ucapan terimakasih kepada para orang tua siswa atas dukungan dalam pelaksanaan program-program sekolah. “Semua kegiatan sekolah telah dilaksanakan oleh para siswa mulai dari pesantren kilat, masa orientasi, orgab, orientasi prestasi, wisata ilmiah, UN, ujian sekolah, akhirnya pada hari ini kami melepaskan anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Eko Anzair saat memberikan sambutan dan membuka acara.
Menurutnya, pada pengumuman ujian nasional (UN) 2 Mei kemarin, siswa SMA Al Kautsar berhasil masuk peringkat kedua nilai tertinggi UN di tingkat Kota Bandar Lampung, sedangkan siswa IPA meraih peringkat ketiga. Selama Tahun Pelajaran 2016/2017, SMA Al Kautsar juga berhasil meraih 94 prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Diantaranya meraih medali perunggu pada ajang OSN tingkat nasional atas nama Fadly Muhammad Aulia. “Saat ini Fadly mengikuti seleksi tahap akhir untuk mengikuti olimpiade kebumian tingkat internasional,” ujarnya.
Selain prestasi tersebut, lulusan SMA Al Kautsar juga telah diterima tanpa tes di berbagai perguruan tinggi negeri favorit melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tingi Negeri (SNMPT) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-STAIN). “Data sementara yang kami terima ada 64 siswa kami lulus di beberapa PTN terbaik di Jawa seperti ITB (4 orang), UI (2 orang), Undip (2 orang), IPB (3 orang), dan 4 siswa diterima di Fakultas Kedokteran Unila,” kata Eko.
Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Provinsi Lampung, Retno mewakili Kepala Disdikbud Provinsi Lampung menyampaikan sambutan di acara tersebut. Retno mengucapkan selamat kepada para lulusan SMA Al Kautsar. Menurut dia, kelulusan yang baru saja diumumkan bukanlah akhir dari tugas pendidikan, tapi merupakan langkah awal untuk mencapai cita-cita dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. “Untuk itu, kalian harus tetap menjadi semangat belajar mencapai prestasi terbaik di jenjang yang lebih tinggi, tetap jaga moralitas dan akhlak baik dimanapun melanjutkan pendidikan,” kata Retno.
Ketua Yayasan Al Kautsar Wagiso juga menyampaikan ucapan selamat atas kelulusan 294 siswa kelas XII SMA Al Kautsar, serta rasa bangga atas prestasi yang telah mengharumkan nama sekolah. “Dengan kelulusan 294 siswa Al Kautsar ini, maka saat ini ada sekitar 1.556 alumni Al Kautsar yang tersebar di seluruh profesi, ada yang menjadi pengusaha, ulama, dokter, PNS, birokrat, polisi, TNI, serta sebagian lainnya sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” kata Wagiso.
FOTO: Sanggar Seni SMA Al Kautsar menampilan drama tari sejarah masuknya Islam ke Lampung dan berdirinya Kerajaan Segala Brak, Sabtu (6/5), di Graha Bintang, Universitas Malahayati, Bandar Lampung. Penampilan ini memeriahkan Kegiatan Penganugerahan Wiyata Pripurna Nugraha dan Penglepasan Lulusan SMA Al Kautsar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *