Tujuh siswa SMA Al Kautsar berhasil meraih juara di ajang Olimpiade Sain Nasional (OSN) tingkat Kota Bandar Lampung. Tujuh siswa tersebut adalah M Hafizh Ghifari juara I Kebumian, Nikma Syalsabila Fauzia Juara II Kebumian, Tito Purwanto juara II Astronomi, Amri Ariq Rafif juara III Astronomi. Lalu, Azri Al Vaisan Juara I Geografi, Azzahra Lintang Juara III Geografi, dan Faiza Nur Azelia juara II Ekonomi.

Wakil Bidang Kurikulum SMA Al Kautsar yang juga Pembina Olimpiade Kebumian, Mesiyanto mengatakan tujuh siswa Al Kautsar bersama 20 siswa Bandar Lampung lainnya akan berlaga dengan siswa-siswa dari kabupaten/kota lain di OSN tingkat Provinsi Lampung.
“Semoga di OSN tingkat provinsi nanti, mereka bisa memberikan hasil yang terbaik dan melaju ke OSN tingkat nasional,” kata Mesiyanto ditemui di ruang kerjanya, Selasa (21/3).
Dia memaparkan, pada OSN tingkat kota ada 59 siswa yang diikutkan pada sembilan cabang mata pelajaran OSN yaitu matematika, fisika, kimia, komputer, biologi, astronomi, kebumian, ekonomi, dan geografi. Sebelum mengikuti pertandingan, para siswa mendapat pelatihan rutin sekali seminggu dari para guru pembimbing olimpiade sesuai mata pelajaran masing-masing.
“Alhamdulillah, ada tujuh siswa yang juara dan lolos pada empat bidang pelajaran yaitu ekonomi dengan guru pembimbing Pak Warya Satar, Geografi Bu Yulia Putri, Astronomi Pak Supardi, dan saya sendiri membina olimpiade kebumian,” tuturnya.
Menurut Mesiyanto, selanjutnya, persiapan menuju OSN tingkat Provinsi tidak hanya dilakukan oleh pihak sekolah, tapi juga melibatkan lembaga bimbingan olimpiade di Jakarta dan Bandung. “Siswa dibina di lembaga tersebut sekitar seminggu. Biasanya nanti juga akan ada pembinaan juga dari pihak Dinas Pendidikan Kota,” ujarnya.
Selain itu, seminggu menjelang pelaksanaan OSN tingkat Provinsi, tujuh siswa tersebut juga mendapatkan dispensasi untuk tidak mengikuti mata pelajaran rutin. Mereka fokus mngerjakan latihan soal-soal olimpiade.
FOTO : Siswa-siswa juara OSN tingkat kota Bandar Lampung berfoto bersama para guru, Senin (20/3).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *